Seluma Rawan Pelanggaran Pilkada

Kegiatan sosialisasi terkait dengan tingkat kerawanan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

TAIS,Bengkulu Ekspress – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seluma melaksanakan sosialisasi terkait dengan tingkat kerawanan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Karena dari tiga tingkatan yang ada, Kabupaten Seluma masuk dalam kategori sedang tingkat kerawanan kecurangan serta penyimpangan dalam Pilkada.

“Iya kita tetap lakukan pengawasan terhadap empat komponen, diantaranya netralitas ASN, politik uang, partisipasi masyarakat dan kontestasi,” tegas Anggota Bawaslu Seluma, Iwan Setiawan SPdi kepada wartawan.

Menurutnya, untuk tetap melakukan penekanan terhadap kerawanan tersebut, saat ini dilakukan penekanan netralitas terhadap ASN, money politik, partisipasi masyarakat Seluma serta kontestasi dalam pilkada tetap menjadi pengawasan dari Bawaslu Seluma.

Diharapkan tidak ada lagi kejadian-kejadian yang melanggar secara hukum dan konstitusional, sehingga jalannya Pilkada Seluma dapat dilaksanakan dengan tertib dan aman seperti yang diharapkan.”Kita tetap pada tekad utama, pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai keinginan,” lanjutnya.

Ia menerangkan, dengan memperkuat pengawasan terhadap komponen-komponen diatas, diharapkan kedepannya Bawaslu Seluma sudah dapat melakukan pendektesian secara dini terhadap peluang-peluang tingkat kerawanan di Kabupaten Seluma.

“Ini sebagai pendekteksi secara dini, sehingga jika ada peluang ke arah sana sudah dapat kita atasi,” terus Iwan.(333)