Seluma Didatangi USAID

sambutan dari kunjungan USAID oleh Bupati

TAIS, BE- Setelah dinyatakan sebagai kawasan endemis penyakit kaki gajah (vilariasis). Kemarin, organisasi United States Agency for International Development (USAID), atau badan pembangunan nasional Amerika dibawah WHO, datang ke Kabupaten Seluma, dalam rangka pemberian bantuan obat-obatan untuk vilariasis. “Kita peduli terhadap pencegahan penyakit kaki gajah. Kita membagikan obat pencegah penyakit ini ke Seluma,” ujar petugas dari Kementrian Kesehatan, dr Sunardi serta dr Dini.
Disampaiakannya, USAID sendiri sudah berada di Indonesia pada tahun kedua ini. Saat ini berkesempatan mendatangi Kabupaten Seluma. Petugas USAID ini juga mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah, untuk selalu melaporkan setiap kejadian yang berkaitan dengan penyakit vilariasis atau kaki gajah. “Kita juga berharap agar pemda Seluma dapat bekerjasama dalam memberantas kasus penyakit kaki gajah,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Seluma Yansyah Nawani SKM MKes mengatakan, seluruh masyarakat di Kabupaten Seluma akan diberikan vaksinasi vilariasis secara gratis. Obat-obat atau vaksin tersebut akan diberikan melalui petugas di Posyandu serta melalui Puskesmas terdekat di masyarakat. “Kader Posyandu ini merupakan unjung tombak dalam pemberantasan penyakit kaki gajah,” papar Yansyah.
Dari data yang diperoleh di Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma terdapat beberapa kasus vilariasis. Diantaranya 3 kasus, kemudian satu diantaranya meninggal. Kasus vilariasis terdapat di Penago II, kemudian Cahaya Negeri dan Kembang Mumpo. Dengan potensi endemis sebesar 1,7 persen, diperlukan pecegahan sejak dini. (333)