Seleksi PPS Dijaga Ketat Polisi

CALON PPS: Para peserta calon PPS saat mengikuti tes wawancara di KPU Kaur, Rabu (11/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Tes wawancara calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur, Rabu (11/3) pagi, dikawal ketat anggota Polres Kaur. Dimana untuk pengamanan terbuka dan tertutup, Polres Kaur menyiagakan sekitar 27 anggota.

“Untuk pengamanan kita lakukan secara maksimal baik itu tertutup dan terbuka. Pengamanan ini kita lakukan hingga Jum;at besok,” kata Kapolres Kaur AKBP Puji Prayitno melalui Kabag Ops AKP Fakhrul Ikhwan SH, rabu (11/3).

Sementara itu, dalam tes wawancara PPS yang diikuti sebanyak 1.051 orang yang digelar mulai Rabu (11/3) hingga Jum’at (13/3) ini, dalam tes wawancara itu ada beberapa kriteria yang diutamakan KPU Kaur dalam memilah milah penyelenggara pemilu nantinya.

Beberapa kriteria itu diantaranya mengutamakan para calon PPS yang ada keahlian dan pengalaman dibidangnya. Keahlian itu yakni misalnya tentang mengoperasikan komputer, pengalaman dalam penyelenggara dan juga keahlian lain.

“Tentu akan kita pilah pilah mana yang terbaik, kita membutuhkan para penyelenggara yang benar benar mempunyai keahlian,” kata Ketua KPU Kaur, Mexsi Resmanto SE, rabu (11/3).

Beberapa penilaian lain juga untuk kalangan wanita bila memiliki anak di bawah lima tahun (Balita) yang tentunya akan ada kesibukan mengurus rumah tangganya.

Sehingga bila ditemukan demikian ini juga menjadi penilaian KPU dalam menentukan siapa yang berhak untuk masuk dalam 3 penyelenggara PPS nantinya.“Siapa yang bisa mengoperasikan komputer siapa yang bisa mengoperasikan Microsoft Excel,” tambah Irpanadi S.Ikom komisioner KPU, kepada 6 besar PPS saat tes wawancara di ruang KPU rabu (11/3).(618)