Seleksi Paskibraka Nasional Ketat Diikuti 60 Pelajar

REWA/Bengkulu Ekspress Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM menyalami peserta seleksi Paskibraka Nasional 2019 di kantor Dispora Provinsi Bengkulu, kemarin (29/4).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 60 peserta dari SMA sederajat di Provinsi Bengkulu mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu. Puluhan pelajar tersebut merupakan pemuda terpilih yang telah berhasil lolos seleksi Paskibraka tingkat kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM mengatakan, seleksi Paskibraka ini akan dilakukan selama 2 hari, yakni 29-30 April 2019. Dimana panitia seleksi akan dilakukan TNI dari Gamas Bengkulu. “Setelah melakukan seleksi, panitia seleksi akan kembali melakukan penjaringan selama 2 hari ke depan. Pada kesempatan itu, panitia seleksi akan melakukan beberapa tes seperti PBB dan lainnya, ” kata Atisar usai Upacara Pembukaan Seleksi Tingkat Nasional di Halaman Kantor Dispora Provinsi Bengkulu, kemarin (29/4).

Dalam seleksi Paskibraka tahun 2019 ini, panitia akan menjaring 54 orang pelajar terbaik untuk menjadi pengibar bendera merah putih di tingkat Provinsi Bengkulu dan 1 pasang terbaik akan disiapkan untuk menjadi Paskibraka di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang.

“Dari 60 Paskibraka terbaik, hanya diambil 54 pelajar untuk mewakili di tingkat Provinsi dan 2 ditingkat nasional, sementara sebanyak 4 orang akan dinyatakan gugur,” ujar Atisar.

Mewujudkan hal itu, Paskibraka akan diberikan pembinaan oleh para pelatih profesional dari berbagai stackholder. Yakni, TNI, Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes), Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan tim dari Dinas Dispora Provinsi Bengkulu. “Paskibraka ini akan dilatih oleh orang-orang yang berkompeten. Sehingga, pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus nanti berjalan lancar dan sukses,” jelasnya.

Ia mengharapkan agar Paskibraka di Provinsi Bengkulu bisa berlatih secara serius dan mengharumkan nama daerah di tingkat nasional nantinya. Hal ini mengingat Paskibraka merupakan generasi masa depan yang terus memiliki semangat patriotisme yang tinggi dalam mendorong kemajuan daerah dan negara. “Saya harap, peserta seleksi Paskibraka pada tahun 2019 ini bisa serius dan menjadi salah satu Paskibraka di Istana Negara,” tutupnya.(999)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*