Seleksi Paskibraka Ketat

Kadis Dikpora Benteng, Saidirman SE MSi usai memantau seleksi anggota Paskibraka di SMA Negeri 1 Benteng, kemarin (11/3).

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Seleksi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tahun 2020 sudah dimulai. Dari hasil pendataan, tercatat sebanyak 205 orang pelajar yang telah terdaftar.

“Dari 14 sekolah menengah atas (SMA) sederajat, sebanyak 205 orang pelajar siap bersaing.

Semuanya berasal dari 9 SMA dan MA di wilayah Kabupaten Benteng,” ungkap Kepala Dinas Dikpora Benteng, Saidirman SE MSi usai memantau seleksi anggota Paskibraka dihari pertama, rabu (11/3).

Dikatakan Saidirman, seleksi anggota Paskibraka akan dilakukan selama 3 (tiga) hari. Yaitu, pada tanggal 11-13 Maret 2020. Dalam melakukan seleksi, ada beberapa panitia yang dilibatkan.

Dimulai dari tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) serta personel TNI dan Polri.Beberapa seleksi diantaranya adalah tes kesehatan, peraturan baris berbaris (PBB) dan tes jasmani. Selain itu.

tinggi badan, berat badan dan tekanan darah juga dilakukan pengecekan.”Setiap tahapan bisa saja ada yang digugurkan,” tegas Saidirman.

Jika tak ada halangan, pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada hari terakhir pelaksanaan seleksi.
Dengan demikian, akan diketahui peserta terbaik yang siap untuk mengikuti tahapan selanjutnya

Sesuai dengan rencana, lanjut Saidirman, sebanyak 10 orang peserta terbaik akan dipercaya mengikuti tahapan seleksi anggota Paskibraka tingkat Provinsi.

Sedangkan 32 orang dipersiapkan untuk menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Benteng. Mereka itulah yang nantinya dipercaya untuk mensukseskan pengibaran sang saka merah putih saat upacara peringatan hari ulang tahun kemerdakaan Republik Indonesia (RI) tanggal 17 Agustus.

“Besar harapan kami ada pelajar dari Kabupaten Benteng yang bisa mewakili Provinsi Bengkulu mengibarkan bendara merah putih di istana presiden saat 17 Agustus 2020 nanti.Sebab itulah, panitia seleksi harus melakukan penjaringan secara ketat dan profesional,” tandasnya.(135)