Seleksi Paskibraka Dimulai

Bakti/Bengkulu EkspressPASKIBRAKA : 137 pelajar dari 14 sekolah mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Bengkulu tengah, Selasa (9/4).

13 Siswa Gugur Seleksi Administrasi

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Proses seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sang saka merah putih pada 17 Agustus 2017 nanti telah dimulai. Dari 150 pelajar yang mendaftar, sebanyak 13 orang dinyatakan gugur pada seleksi administrasi. “Proses seleksi administrasi sudah dilakukan pada tanggal 5 April 2019 lalu. Dari 150 pelajar yang mendaftar, hanya 137 orang pelajar yang tersisa. Terdiri dari 46 orang putra dan 91 orang putri.

Semuanya berasal dari 14 sekolah tingkat SMA se-Kabupaten Bengkulu tengah,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bengkulu tengah, Saidirman SE MSi melalui Kabid Pelayanan Kepemudaan, Baharudin SPd didampingi Kasi Pemberdayaan Pemuda, Debby Agust Jointo, usai menggelar upacara pembukaan seleksi Paskibraka di SMA 1 Bengkulu tengah, kemarin (9/4).

Setelah melakukan seleksi administrasi, panitia seleksi akan kembali melakukan penjaringan selama 3 hari kedepan. Yakni, pada tanggal 9-11 April 2019. Pada kesempatan itu, panitia seleksi akan melakukan tes wawancara, tes kesehatan, Garjas da kesemaptaan, parade postur, PBB dan pantohir. “Sesuai dengan rencana, pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada tanggal 11 April 2019,” bebernya.



Dalam seleksi Paskibraka tahun 2019 ini, kata dia, panitia di tingkat kabupaten akan menjaring 38 orang pelajar terbaik (19 pasang). Rinciannya, 3 pasang terbaik akan disiapkan untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Bengkulu dan 16 pasang dipersiapkan untuk menjadi Paskibraka saat upacara peringatan 17 Agustus di Kabupaten Bengkulu tengah.

“Dari 38 Paskibraka terbaik, sebanyak 6 orang yang terdiri dari 3 orang putra dan 3 orang putri akan dikirim seleksi tingkat Provinsi Bengkulu. Besar harapan kami agar Paskibraka dari Kabupaten Bengkulu tengah bisa mewakili Provinsi Bengkulu menjadi Paskibraka tingkat nasional,” katanya.

Mewujudkan hal itu, Paskibraka di Kabupaten Benteng akan diberikan pembinaan oleh para pelatih profesional dari berbagai stackholder. Yakni, TNI, Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes), Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan tim dari Dinas Dikpora Kabupaten Bengkulu tengah. “Paskibraka Kabupaten Bengkulu tengah akan dilatih oleh 25 orang yang berkompeten. Sehingga, pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus nanti berjalan lancar dan sukses,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH yang diwakili oleh Staf Ahli Setda Pemkab Benteng, Dra Hj Martini mengharapkan agar Paskibraka di Kabupaten Bengkulu tengah bisa berlatih secara serius dan mengharumkan nama Kabupaten Bengkulu tengah. “Saya harap, Paskibraka dari Kabupaten Bengkulu tengah pada tahun 2019 ini bisa menjadi salah satu Paskibraka di Istana Negara,” kata Martini ketika membacakan sambutan Bupati.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*