Seleksi Paskibra Disambut Antusias

Pelaksanaan seleksi anggota Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020 yang dilaksanakan di GSG Lapangan Setia Negara Curup Senin (24/2) kemarin.

CURUP, Bengkulu E kspress– Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong mulai melakukan seleksi calon anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara 17 Agustus 2020 mendatang.Seleksi calon anggota Paskibraka tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari pelajar SMA sederajat di Kabupaten Rejang Lebong.

“Total pelajar yang mengikuti seleksi paskibraka tahun ini mencapai seribuan orang lebih, karena yang terdata kemarin sudah mencapai 981 namun masih banyak yang belum terdaftar karena saat kita datang mereka sedang tidak disekolah,” sampai Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Rejang Lebong, Emir Pashah, SH disela-sela kegiatan seleksi yang dilaksanakan di gedung serbaguna yang ada di Lapangan Setia Negara Curup Senin (24/2) kemarin.

Dalam seleksi anggota Paskibraka Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Emir, panitia telah membagi jadwal sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurutnya seleksi tersebut dimulai dengan seleksi tingkat kecamatan. Dalam seleksi tersebut yang mereka lihat adalah berat badan, tinggi badan, kemampuan baris berbaris dan postur tubuh.

“Untuk tinggi badan wanita minimal 159 centimeter dan untuk pria minimal 166 centimeter,” paparnya.

Setelah penilaian ditingkat kecamatan tersebut, menurut Emir nanti penilaian untuk seleksi ditingkat kabupaten akan mereka koordinasikan dengan panitia dari TNI dan Polisi. Dalam seleksi tingkat kecamatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, panitia akan mengambil 150 orang.

Dari 150 tersebut nantinya akan mengikuti seleksi tingkat kabupaten dan akan diambil sebanyak 36 orang dengan rincian 18 orang pria dan 18 orang wanita. “Untuk seleksi tingkat Kabupaten rencananya akan kita laksanakan pada bulan Maret nanti,” paparnya.

Kemudian dalam seleksi tingkat kabupaten nantinya, panitia akan melakukan perangkingan, dimana untuk lima besar pria dan lima besar wanita akan mereka kirim untuk mengikuti seleksi ke tingkat Provinsi Bengkulu dan nasional. (251)