Seleksi GBN Segera Dimulai

 

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali akan melaksanakan seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Jika tak ada halangan, seleksi GBN akan kita mulai pada bulan Maret 2018 nanti,” kata Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan, Disparbud Kabupaten Benteng, Hamidah Apriani Ritha, S.Psi.

Mneurutnya, sejauh ini pihaknya masih dalam proses perencanaan sembari berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

GBN merupakan salah satu wadah untuk menjaring bakat-bakat siswa dalam vocal (suara,red). Seleksi akan dilakukan secara bertahap mulai tingkat sekolah, kabupaten hingga provinsi.

“Siswa yang berhasil di tingkat provinsi nantinya berkesempatan untuk mewakili daerah untuk bergabung dalam paduan suara pada saat pelaksanaan HUT RI di Istana Negara. Terkhusus di Kabupaten Benteng, nantinya kita akan melakukan seleksi di satu sekolah dengan peserta yang masing-masing berasal dari perwakilan sekolah,” imbuhnya.

Secara teknis, sambungnya, pada seleksi GBN 2018 ini pihaknya akan mencari sebanyak 6 siswa yang dalam seleksi akan dipilih berdasarkan jenis vocal. Yakni untuk pria jenis suara Tenor atau suara tinggi, Baritton jenis suara sedang serta Bas untuk jenis suara rendah. Sedangkan untuk wanita terbagi kedalam 3 jenis suara juga yakni Sopran jenis suara tinggi, Mezo sopran jenis suara sedang serta Alto jenis suara rendah.

“Masing-masing tiga orang laki-laki dan perempuan. Selanjutnya, untuk pemenang tingkat kabupaten akan dilombakan ditingkat provinsi,” tandas Ritha. (135)