Seleksi Eselon II Segera Dimulai

Foto : Dr. H. Rohidin Mersah

Gubernur Buat Syarat Tambahaan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu resmi membentuk panitia seleksi (pansel) jabatan eselon II.  Ada lima orang yang ditunjuk sebagai pansel untuk menyeleksi pejabat yang akan menduduki 16 jabatan kepala dinas (kadis) yang saat ini diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). Pansel tersebut diketuai Sekda Provinsi Nopian Andusti, dengan anggota pejabat Badan Kepegawaian Daerah (BKD), akademisi dua orang dan tokoh masyarakat.

“Panselnya sudah dibentuk. Tinggal melakukan tahapan proses seleksi saja,” ujar Gubernur Bengkulu, DR H Rohidin Mersyah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (11/2).

Ditegaskanya, dalam minggu ini proses seleksi sudah bisa dimulai. Untuk pejabat yang mendaftar, gubernur tidak membatasi siapapun pejabat yang memang merasa sudah memiliki kompetensi dalam memimpin. sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS harus.

Seperti, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV, memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang dilamar, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun.

Lalu, sedang atau pernah menduduki jabatan administrator atau JF jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun, memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik, usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun dan dinyatakan sehat jasmani dan rohani. “Asalkan memenuhi syarat silahkan daftar,” tambahnya.
Selain syarat sesuai dengan PP tersebut, gubernur juga membuat syarat tambahaan. Syarat tambahan itu terkait kompetensi jabatan. Artinya di masing-masing OPD memiliki syarat kompetensi berbeda yang harus dipenuhi oleh pejabat yang melamar.

“Dinas ini standar kompetensinya, calon pendaftar itu seperti apa. Di samping syarat utama,” beber Rohidin.



Syarat kompetensi tambahaan itu masih digodok oleh pansel. Ketika telah siap, maka pengumuman akan dibuka oleh pansel.  Rohidin juga menargetkan awal bulan Maret mendatang semua jabatan yang kosong itu sudah terisi semua. Sehingga, pejabat yang baru tersebut sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tentunya bisa bekerja secara maksimal.  “Awal bulan depan itu sudah terisi semua yang Plt,” tutupnya.

Seperti diketahui, ada 16 jabatan yang kosong atau dijabat oleh Plt, yaitu Kepala Kesebangpol, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dishub, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Biro Hukum, Kepala BPKD, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas PMD, Kepala DLHK, Kepala Dinas PUPR, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dispar, Kepala BPSDM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan satu jabatan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahaan. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*