Seleksi Ausbildung Ke Jerman Disnakertrans Bengkulu Sukses

Kabid Lattas Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Provinsi Bengkulu

Diikuti 387 peserta.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Proses seleksi program terbaru Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Ausbildung ke Jerman  berjalan sukses. Pasalnya, meski proses pengumuman pendaftaran seleksi terbilang singkat, tetapi animo masyarakat sangat banyak.  Terbukti sekitar 387 orang peserta mengikuti tahapan seleksi pertama.

“Alhamdulillahm, salah satu program kita banyak diminati masyarakat. Jumlah peserta yang mengikuti tahapan seleksi sangat banyak,  diluar dugaan. Mengingat pemberitahuan pendaftaran seleksi yang terbilang singkat,” kata Kepala Dinas Disnakertrans Provinsi Bengkulu  Ir. Drs. Sudoto, M.Pd. kepada bengkuluekspress.com, Senin (6/5/19).

Masih disampaikan Sudoto, “Ausbildung dibuka secara internasional yang memenuhi standar kompetensi. Merupakan pendidikan  keterampilan Strata diploma D3, akan ditempatkan sesuai dengan keterampilan masing-masing.”

Disisi lain Kepala Bidang Lattas Jauhari, SH mengatakan, “Dari tahapan seleksi pertama kita mengambil 100 orang dan selanjutnya,  diadakan tes wawancara yang akan diuji dengan tim berkompeten dibidangnya. Finalnya akan ada 30 orang yang akan dinyatakan lulus  dan siap mengikuti pendidikan bahasa Jerman selama 8 bulan di Bandung,” ucapnya.

Menurut Jauhari, “Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, melaksanakan  program ini dalam rangka mengurangi angka pengangguran. Ia berharap program ini terus berlanjut secara kontinyu dan lewat program ini  akan banyak putra putri Indonesia khususnya putra putri Bengkulu, yang akan sukses dan memiliki skill standar Eropa dan untuk  Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui disnakertrans terus berinovasi serta melakukan MoU dengan negara – negara lainnya,” harapnya.

Ausbildung adalah sebuah program keterampilan sekolah sambil bekerja di Jerman. Ausbildung bisa diartikan lebih tepatnya, pendidikan  diploma D3 setara pendidikan politeknik, di sini mahasiswa dilatih bekerja, diberi ilmu tentang pekerjaan tersebut dan enaknya lagi  mereka diberi banyak tunjangan serta dapat gaji seperti karyawan tiap bulan. Pekerjaan yang ditawarkan untuk program ini banyak sekali  diantaranya Otomotif, Elektonika, Perhotelan, Restaurant, Chef atau koki, Rumah sakit atau perawat, Care giver, Administrasi  perkantoran, dan banyak lagi.

“Pada seleksi ausbildung kita menghadirkan tim penguji yang kompeten dibidangnya. Yaitu dari PT. Instudia Bandung. Instudia adalah  lembaga swasta yang bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia,” kata Jauhari.

Untuk diketahui Azubi bakal memperoleh uang saku selama kuliah, diantaranya : 400€ (Rp 6.500.000,-) per bulan. Tahun ke 1, 500€ (Rp.  8.400.000,-) per bulan tahun ke 2 dan 600€ (Rp. 9.600.000,-) per bulan pada tahun ke-3. Setelah selesai kuliah 3 tahun, disodori kontrak  kerja 2 tahun dengan Gaji 3.000€ (Rp. 48.000.000,-) per bulan bruto. Bisa melanjutkan tingkat pendidikan ke S1 atau S2 di Jerman. Bisa  berkarir di Eropa dan Uni Eropa. (Cik8).