Selamat Jalan Causa Iman Karana Srikaton Kini Lebih Bernilai Ekonomi

Sebentar lagi Pemimpin Bank Indonesia Bengkulu, Causa Iman Karana berpindah tugas. Sosok Causa Iman Karana memiliki arti yang begitu besar bagi masyarakat Bengkulu Tengah.

Betapa tidak berkat program Bank Indonesia melalui kebijakan Causa Iman Carana, Desa Srikaton menjadi percontohan sentra budidaya Ikan Lele.

Juga program Bank Indonesia lainnya seperti jamur tiram, pengembangan Gedung PAUD, perikanan air tawar di SMKN 1 Pondok Kelapa dan masih banyak program lainnya.

Mengingat besarnya jasa Causa Iman Karana bagi Desa Srikaton, hal wajar bila warga setempat merasa sangat kehilangan atas kepindahan Causa Iman Karana.

Namun begitu warga Srikaton bangga Causa Iman Karana mendapat jabatan yang lebih tinggi.

Menandakan sosok pemimpin bersahaja ini berhasil memimpin Bank Indonesia Bengkulu dan membina Perbankkan yang ada di Bengkulu.

Terlebih warga bangga, Desanya Srikaton kini lebih bernilai ekonomi.
Sehingga saat acara pisah sambut Causa Iman Karana di Desa Srikaton kemarin berlangsung penuh keceriaan dan rasa haru.

Dedy Irawan
Bengkulu Tengah

Acara pisah sambut kemarin dimeriahkan dengan pemberian doorprice dengan hadiah utama kambing, ayam dan alat pertukangan yang disiapkan untuk Desa Srikaton.

Acara dihadiri pula sejumlah Pejabat mulai dari Ka BPPKB, Dra Yulia Faridah, Camat Pondok Kelapa Aang Sulaiman. Dihadiri pula GM Bengkulu Ekspress Sukatno, SPd, dan tentunya Causa Iman Karana sendiri. Acara berlangsung di halaman rumah Kepala Desa Srikaton, Surahman.

Peran Causa Iman Karana di Desa Srikaton bukanlah hal kecil. Bahkan sejak November 2010 kiprahnya sudah banyak menghasilkan dan memuaskan. Bank Indonesia menjadikan Srikaton sebagai desa binaan usaha lele, ayam, jamur tiram, pengembangan gedung PAUD, perikanan air tawar di SMKN 1 Pondok Kelapa dan banyak lainnya.

Program Bank Indonesia paling terkenal di Benteng,  pemberian bantuan modal, sekaligus pembinaan budidaya ternak Lele kepada warga. Sehingga warga mampu mengelola Ikan Lele dengan baik. Banyak warga Srikaton menjadi peternak budidaya Lele dan berhasil.

Kades Srikaton, Surahman mempunyai kesan tersendiri atas bantuan yang diberikan Bank Indonesia selaku sponsor induk desa percontohan ini. “Sudah banyak yang dberikan Bank Indonesia sebagai sponsor desa baik pengembangan usaha lele, ayam, jamur tiram, pengembangan gedung PAUD, perikanan air tawar di SMKN 1 Pondok Kelapa dan banyak lainnya,” kata Surahman.

Dia mengungkapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Causa Iman Karana, semoga apa yang diupayakan Pimpinan BI sangat berkesan dan bermanfaat bagi warga desa Srikaton khususnya. Dengan adanya bantuan itu dapat menambah pengetahuan dan memperbaiki perekonomian warga. “Kami sangat berkesan dengan bantuan BI tak sedikit yang sudah diupayakan baik moril maupun materil.

Pelatihan-pelatihan dan ketrampilan usaha kecil pembuatan produk-produk ndustri rumah tangga, dan banyak lagi,” tambahnya.

Sementara Causa Iman Karana menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan warga Srikaton. Sehingga program yang diusahakan BI dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, ia berharap program yang sudah dilakukan dapat dilanjutkan agar lebih meningkat dan berguna bagi masyarakat.

“Saya meminta program yang sudah dibina dikembangkan lagi dan ditingkatkanlagi agar terasa manfaatnya lagi bagi masyarakat sehingga menambah perekonomian masyarakat,” katanya. (122)