Selama Ramadhan, Kemenag Bengkulu Imbau Umat Muslim Salat Tarawih di Rumah

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd mengajak kepada umat muslim di Provinsi Bengkulu agar untuk melaksanakan tarawih dan tadarus di rumah selama Ramadan.

Imbauan ini menindaklanjuti SE Kemenag RI yang mengimbau bahwa masyarakat boleh melaksanakan solat tarawih bersama keluarga di rumah, tidak melaksanakan kegiatan sahur atau buka bersama, melaksanakan tadarus di rumah masing-masing.

“Iya, pelaksanaan Ramadan tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu karena adanya wabah penyakit Covid-19 sehingga untuk Provinsi Bengkulu sendiri kita mengajak warga masyarakat pelaksanaan ibadah cukup di rumah saja,” ujar Bustasar saat di hubungi melalui WhatsApp, Selasa (7/4).

Selain salat tarawih, jelas Bustasar, jika pandemi Covid-19 belum juga mereda hingga akhir Ramadhan, maka masyarakat dianjurkan melakukan salat ied atau salat idul fitri di rumah masing-masing.

“Namun jika memang wabah COVID-19 ini sudah dapat diatasi oleh pemerintah, maka kita wajib untuk melaksanakan ibadah di mesjid sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Namun demikian pelaksanaan ibadah shalat tarawih pada masing-masing masjid/mushalla dapat dilaksanakan selagi daerah tersebut masih dianggap aman dari penyebaran Covid-19. Hanya saja dia tetap meminta agar tetap waspada.

Karenanya, agar ajakan ini dapat dilaksanakan dan dicermati bersama oleh masyarakat. Mengingat korban atas wabah virus corona ini semakin hari semakin meningkat, dengan demikian dia juga mengajak kepada masyarakat untuk dapat berdoa agar duka ini segera berakhir. (CW1)