Sektor Pendidikan dan Mutasi Jadi Incaran Saber Pungli

SOSIALISASI: Tim Saber Pungli saat melakukan sosialisasi  pencegahan pungutan liar (Pungli) di Aula Disparpora Kepahiang.
SOSIALISASI: Tim Saber Pungli saat melakukan sosialisasi pencegahan pungutan liar (Pungli) di Aula Disparpora Kepahiang.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Sektor pendidikan dan mutasi jabatan jadi titik fokus pengawasan tim satuan tugas (satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kepahiang. Karena, kedua sektor tersebut rawan pungli.

Selain itu, juga pengadaan dan pengangkatan CPNS. Saat ini tim Saber Pungli tengah gencar melakukan sosialisasi dalam rangka pencegahan terjadinya Pungli di Bumi Sehasen tersebut.

“Selain itu, untuk sektor pengadaan barang dan jasa yakni mulai dari proses perencanaan, pengadaan, penentuan pemenang lelang dan pemberian fee dengan modus uang promosi,” ungkap Kasat Binmas Polres Kepahiang, AKP Syarkowi AR saat menyampaikan materi sosialisasi yang bertindak sebagai Unit Pencegahan Satgas Saber Pungli Kepahiang.

Pemateri sosialisasi juga diberikan Ketua Satgas Saber Pungli, Kompol Rudi S SH dan Kasi Pidum Kejari, Hironimus Tafanao SH serta Inspektur Pembantu II Ipda Kepahiang, Drs. Safrudin. Kemudian ada juga pungli yang meresahkan masyarakat, seperti parkir illegal di pasar tanpa adanya dasar retribusi. Dana desa dalam penentuan kegiatan melalui rapat desa, dan jembatan timbang.

“Dengan digelarnya sosialisasi, kita berharap kepada para peserta ini dapat berdampak dengan tidak adanya lagi kegiatan pungli,” tutup Rudi. (320)