Sektor Pariwisata Sumbang PAD Rp 12 Juta/Tahun

KEPAHIANG, BE -Dinas Kebudayaan Pariwisata, Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Disbudparhub Kominfo) Kepahiang mengklaim menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 12 juta dari sektor pariwisata.Ini sekaligus membantah tudingan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Kepahiang terkait nihilnya

pemasukan dari sektor pariwisata. Bantahan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pariwisata Disbudparhub Kominfo , Rabiatul Adawiyah yang mengatakan bahwa potensi pariwisata di Kepahiang sangat besar dan ia menyadari perlu pengembangan yang lebih optimal.

” Jumlahnya memang sedikit, namun bukan berarti tidak ada sama sekali, ” kata Rabiatul Adawiyah.

Sumbangan yang didapatkan saat ini berasal dari retribusi Danau Suro. Kedepannya potensi pariwisata lain turut dikembangkan untuk meningkatkan capaian PAD. Langkahnya dengan  menjajaki berbagai kerjasama dengan pihak ketiga dan
masyarakat.

Termasuk rencana  menata ulang pasar buah di pinggir jalan lintas Kepahiang-Curup Desa Tebat Monok. Menurutnya, selain memacu peningkatan perputaran uang, sentra buah Tebat Monok dapat menjadi daya tarik wisata di Kepahiang.

” Sedang dilakukan pengkajian untuk menata kawasan wisata agar tertarik berkunjung ke Kepahiang, ” paparnya.

Tidak hanya itu, saat ini sedang dirancang pembangunan tangga seribu menuju puncak Bukit Jupi. Sebenarnya rencana itu sudah lama namun terkendala dana . Pemerintah daerah sedang melobi pemerintah pusat melalui Kementrian Pariwisata untuk memberikan bantuan pengembangan kawasan wisata di Kepahiang. (505)