Sekolah Wajib Sediakan Tempat Cuci Tangan

Kepala Dispendik secara resmi melaunching Program Bupati BU Ir H Mian Gerakan Cuci Tangan Anak Sekolah Sebelum Makan, kemarin.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Untuk mewujudkan Program Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian yakni Gerakan Cuci Tangan Anak Sekolah Sebelum Makan, kemarin (4/3), Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten BU melaunching dan mensosialisasikan program bupati tersebut oleh Kepala Dispendik BU Dr Agus Haryanto MM dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Syamsul Maarief SKM MKes di Gedung TK/SD model yang dihadiri oleh puluhan Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA Se-kecamatan Kota Arga Makmur dan perwakilan murid.

Kepala Dispendik BU Agus Haryanto, mengatakan bahwa program tersebut di inisiasi oleh Bupati Mian untuk menjaga kesehatan, dan pencegahan dini para murid maupun para guru terhindar dari penyebaran virus atau kuman penyakit yang diawali dari tangan.”Untuk itu, setiap sekolah mulai hari ini diwajibkan untuk menyediakan tempat cuci tangan bagi para murid. Demi Kesehatan,” kata Agus.

Sementara itu, Kepala Dinkes BU Syamsul Maarief SKM MKes menuturkan, gerakan cuci tangan menggunakan sabun sebelum makan merupakan hal yang wajib dilakukan demi pencegahaan timbulnya penyakit. Sebab, hampir 70% penyakit yang menyerang tubuh berasal dari tangan, terutama infeksi.

“Ya memang tangan merupakan salah satu media termudah untuk jalan masuknya kuman, bakteri dan virus ke dalam tubuh. Untuk itu, sangat penting melakukan cuci tangan sebelum makan,” ungakapnya.

Selain itu Arief juga menyampaikan, bila sedang mengalami sakit batuk terutama bagi guru yang tengah mengalami sakit berupa batuk dan pilek, diwajibkan untuk menggunakan masker saat tengah mengajar, agar tidak menular kepada anak didik.

Serta pihak sekolah diwajibkan untuk menguras bak air minimal satu minggu sekali, agar terhindar dari sarang nyamuk.”Apabila kita mengalami sakit batuk dan filek terutama guru, agar menggunakan masker dalam waktu mengajar. Dan pihak sekolah juga harus menguras bak mandi minimal seminggu seklai untuk mencegah penykit DBD,” tukasnya.

Akhir kegiatan, pihak Dispendik BU juga melakukan penyerahan bantuan berupa satu unit wastafel kepada beberapa perwakilan kepala sekolah yang hadir dalam launching tersebut.(127)