Sekolah Tingkatkan Pengawasan

=foto: Endy Yurizal=

Soal Percobaan Penculikan Anak

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Terkait dengan percobaan penculikan dua siswi SDN 41 Kaur yang terjadi seminggu terakhir, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Kaur melakukan upaya mencegah hal serupa terulang kembali. Langkah yang dilakukan salah satunya mengingatkan pihak sekolah untuk meningkatkan kewaspadaan.“Kita minta kepada pihak sekolah agar meningkatkan kewaspadaan, ini bertujuan agar sekolah tak sampai lengah dan terulang kembali,” kata Kepala Dispendik Kaur, Endy Yurizal SP, kemarin (20/1).



Dikatakan Endy, pihaknya melakukan berbagai upaya. Salah satunya yakni mengingatkan pihak sekolah untuk selalu waspada terutama saat anak-anak pulang sekolah. Selain itu kepada para kepala sekolah serta guru untuk menyampaikan kepada para siswa untuk tidak dengan mudah terbujuk ajakan orang yang tidak kenal yang menawarkan untuk mengantarkan pulang ke rumah. Pihaknya juga meminta kepada orang tua untuk menyempatkan waktu menjemput anaknya saat pulang sekolah. Begitu juga dengan sekolah yang belum memiliki petugas pengamanan.

“Informasi ini sudah kita sampaikan kepada pihak sekolah, semoga saja pihak sekolah dapat mengingatkan siswanya, untuk hati hati terutama saat pulang sekolah. Jika sekolah atau guru merasa ragu terhadap orang yang menjemput, pihak sekolah bisa menghubungi orang tuanya untuk memastikanya,” terangnya.

Ditambahkannya, ia juga mengingatkan agar pihak sekolah dapat berkomunikasi dengan penegak hukum, bila ada hal hal yang mencurigakan untuk tak segan segan menyampaikan laporan dengan dengan polisi. Sehingga dapat dilakukan pencegahan oleh penegak hukum sebelum terjadi peristiwa yang sama. Sekolah dihimbau memasang pengumuman dan pemberitahuan dengan orang tua agar dapat mengawasi anak anaknya.“Kita imbau pihak sekolah untuk pro aktif melakukan pengawasan dan tak melepas siswanya begitu saja saat pulang sekolah terutama anak-anak SD,” tandasnya. (618)