Sekolah Swasta Keberatan dengan Instruksi Walikota Tentang Keringanan Iuran 50 Persen

FOTO IMAN/ BE – Perwkilah sekolah swasta di Kota Bengkulu mendatangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk meminta difasilitasi bertemu dengan walikota untuk menyampaikan keberatan terkait instruksi pemberian keringanan 50 persen iuran komite siswa, Selasa (2/06).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Terkait surat edaran Walikota Bengkulu Helmi Hasan tentang pemberian keringanan iuran komite siswa ternyata memberatkan bagi pihak sekolah swasta di Kota Bengkulu. Perwakilan sekolah SMP swasta Selasa (2/06) pagi mendatangi kantor Dinas Pendidikan Kota Bengkulu untuk menyampaikan keberatan dan meminta ditemukan dengan walikota untuk menceritakan keberatan yang mereka rasakan.

Salah seorang perwakilan pihak sekolah SMP swasta, Devi Suryani menjelaskan, instruksi walikota tersebut sangat memberatkan bagi sekolah swasta. Mereka bingung untuk menggaji para guru jika instruksi tersebut diterapkan di sekolahnya.

“Poin 1 pada surat instruksi walikota itu tentu sangat memberatkan bagi kami. Padahal sebelum keluarnya instruksi walikota ini kami pihak sekolah sudah memberikan keringanan-keringanan dan pemotongan biaya lain bagi para siswa, itu kebijakan pihak sekolah. Bahkan ada yang kami gratiskan, karena kami kan tahu kondisi para siswa,” ucap Devi seusai menemui Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu.

Tambahnya, jika kebijakan tersebut diterapkan dipukul rata seluruh sekolah memberikan keringanan 50 persen, pihaknya menyatakan tidak sanggup dan akan berdampak pada operasional sekolah dan para guru pengajar yang tak cukup untuk di gaji. Pihaknya meminta Kadis Pendikbud Kota Bengkulu memfasilitasi pihaknya untuk bertemu dengan walikota untuk menyampaikan hal-hal yang menjadi keberatan.

“Harapan kita kebijakan tersebut dikembalikan ke sekolah. Karena walikota ini tidak tahu kondisi kami di sekolah swasta ini bagaimana. Semoga saja walikota bisa membuka ruang untuk bertemu dengan kami,” tambahnya.

Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Rosmayetti MM membenarkan kedatangan perwakilan dari pihak sekolah swasta untuk meminta difasilitasi menyampaikan keberatan ke walikota.

“Ya mereka merasa keberatan atas instruksi walikota terkait pemberian keringanan 50 persen iuran komite siswa. Tadi sudah kita akomodir dan selanjutnya akan kita sampaikan ke walikota,” kata Rosmayetti. (Imn)