Sekolah Didesak Tolak Siswa Titipan

DPRD Kabupaten Kepahiang mendesak semua sekeolah yang ada di Kabupaten Kepahiang utnuk menolak siswa titipan

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress- DPRD Kabupaten Kepahiang mendesak semua sekeolah yang ada di Kabupaten Kepahiang untuk menolak siswa titipan pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2017 ini. Terutama sekolah-sekolah favorit yang ada. Hal ini guna melakukan pemerataan jumlah peserta didik di setiap sekolah di daerah tersebut.
Anggota DPRD Kepahiang, Edwar Samsi S Ip MM mengatakan, sekolah di Kepahiang harus ikut mensukseskan program penerimaan siswa melalui sistem zonasi tempat tinggal.

“Sekolah tidak boleh menerima siswa titipan, semuanya harus diterima melalui sistem zonasi tempat tinggal,” ujar Edwar, kemarin (12/7).
Dijelaskan Edwar, dengan sistem zonasi yang diberlakukan maka akan terjadi pemerataan sekolah di Kabupaten Kepahiang. Dimana semua siswa bisa bersekolah di sekolah yang dekat dengan lokasi tempat tinggalnya.

“Jadi tidak ada lagi sekolah yang kebanjiran murid dan sekolah yang tidak ada muridnya, apalagi sekolah yang masih menerima murid-murid titipan,” jelas Edwar.
Ditegaskan Edwar, bahwa sekarang sudah bukan zamannya lagi ada oknum pejabat menitipkan siswa ataupun keluarganya di sekolah favorit. Karena saat ini sudah diterapkan sistem zonasi yang tujuannya untuk menghilangkan kesenjangan.

“Sudah tidak ada lagi yang namanya siswa titipan hanya karena yang bersangkutan adalah anak pejabat atau keluarga pejabat. Semuanya harus fair,” tegas Edwar.
Edwar menjelaskan, selama ini sekolah favorit hanya diisi siswa-siswa berprestasi. Hal itu membuat wali murid berbagai cara ingin memasukkan anaknya ke sana. Dengan sistem zonasi lanjutnya, bisa membuang kesenjangan antar sekolah.

“Sekarang tidak ada lagi istilahnya sekolah dengan murid yang semuanya pintar, dan sekolah buangan. Semuanya sama rata sesuai dengan lokasi tempat tinggal siswa yang bersangkutan,” jelas Edwar.(999)