Sekolah Belum Dilengkapi Fasilitas UNBK


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma, Muksir Ibrahim, S.Pd
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma, Muksir Ibrahim, S.Pd

TAIS, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma, Muksir Ibrahim, S.Pd menuturkan, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), masih harus dikaji ulang. Pasalnya, belum seluruh sekolah sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas UNBK, seperti komputer dan jaringan internet.

“UNBK pada April mendatang perlu kita persiapkan dengan matang. Termasuk mempersiapkan sekolah mana saja yang bisa melaksanakan UNBK,” kata Muksir Ibrahim.

Dari jumlah 47 SMP di Kabupaten Seluma, tidak seluruhnya menerapkan UNBK. Hanya SMP tertentu saja yang memang sudah siap melaksanakan. Termasuk SMP yang sudah dilengkapi dengan perlengkapan komputer yang bisa menggelar UNBK tahun ini.

Meski begitu, Dinas Pendidikan Seluma tetap meminta semua sekolah untuk tetap mempersiapkan. Kemudian sebelum pelaksanaan UN, sekolah diminta segera melaporkan kondisi sekolah yang siap menggelar UNBK. Untuk dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, serta ke panitia pusat penyelenggara UNBK.

Sementara Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Seluma, saat ini berjumlah 180 sekolah. Tidak ada yang bisa menyelenggarakan UNBK. Karena memang untuk SD meski sebagian ada yang memiliki laboratorium komputer untuk lebih efisiennya tetap melaksanakan UN secara manual. Karena dikhawatirkan murid SD belum siap untuk menyelenggarakan UNBK. Mengingat siswa SD belum bisa mengoperasikan komputer secara maksimal.

Muksir menambahkan, terkait penyelanggaraan UN yang tak lagi dilaksanakan, semua siswa SMP dan SD di Kabupaten Seluma, harus segera mempersiapkan diri. Bagi sekolah yang menambah jam belajar setiap sore dipersilahkan.

“Selain persiapan fasilitas UNBK, pelajarnya juga harus dipersiapkan. Salah satunya dengan menambah jam belajarnya,” imbuhnya. (333)