Sekolah Belum Akreditasi Disorot

siswa_sdn_1_talang_empat
BAKTI/Bengkulu Ekspress. Siswa SDN 1 Talang Empat, Kabupaten Benteng terlihat fokus menjawab soal ujian hari pertama, Senin (16/5) kemarin. Tampak pula perwakilan dari Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud RI memantau pelaksaan UN di SDN I Talang Empat

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) menyorot  masih banyaknya sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang belum terakreditasi.

Sebab, menganjal sekolah tersebut untuk melaksanakan ujian kelulusan. Dampaknya, sekolah tersebut harus menginduk ke sekolah lain untuk melaksanakan ujian.

Di Bengkulu Tengah sendiri sedikitnya 48 SD yang belum terakreditasi, sehingga terpaksa menginduk.

“Masing-masing sekolah hendaknya sigap mengurus akreditasi, sehingga tidak menjadi kendala saat ingin  melaksanaan ujian. Kami harap depan ujian bisa dilakukan pada masing-masing sekolah, terkecuali bagi sekolah yang memang baru berdiri,” kata perwakilan dari Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud RI, Dwi Rini Wahyu Siswati  MPd saat memantau pelaksanaan ujian tingkat SD  di SDN I Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin (16/5) kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Benteng, H Meizuar SH MM melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Saidirman SE mengatakan,  belum terakreditasinya puluhan sekolah itu dikarenakan fasilitas penunjang belajar dan mengajarnya belum memadai yang diakibatkan terbatasnya anggaran dari Pemkab Bengkulu Tengah maupun dari pemerintah pusat.

“Dalam pelaksanaan ujian SD tahun 2016 ini, 48 sekolah memang terpaksa menginduk ke sekolah lainnya. Meski begitu, ini tentunya tak akan menjadi kendala bagi anak dalam melaksanaan ujian. Pasalnya hal tersebut sudah disampaikan kepada para siswa jauh-jauh hari sebelum ujian,” jelasnya.

Diketahui, ujian tingkat SD di Kabupaten tahun 2016 ini diikuti oleh sebanyak 2.272 siswa, terdiri dari 2.079 siswa SD dan 192 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah (MA).

Pantauan Bengkulu Ekspress, pelaksanaan ujian pada hari pertama di SDN 1 Talang Empat kemarin berlangsung lancar tanpa kendala.

“Di sekolah ini peserta ujian ada 75 orang, 40 orang laki-laki dan 35 orang perempuan. Dengan bimbingan yang telah dilakukan secara maksimal, kami optimis siswa akan meraih nilai yang memuaskan sehingga kelulusan bisa tercapai 100 persen,” ujar Kepsek SDN 1 Talang Empat, Nur.(135)