Sekolah Alam Indonesia Bengkulu, Utamakan Pendidikan Akhlak, Leadership, dan Kognitif

FOTO DIAN/BE – Agus Taifur selaku Kepala Sekolah Alam Indonesia Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Sekolah Alam Indonesia Bengkulu yang merupakan salah satu pendidikan sekolah berbasis alam dan terbuka di Kota Bengkulu. Sekolah yang berlokasi di Jalan Pariwisata, Lempuing, Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu iniĀ memiliki 3 program sistem pembelajaran, seperti akhlak, leadership dan kognitif.

Di sini siswa tidak hanya diajarkan untuk mengenal alam saja, melainkan juga mengedepankan spiritual dan kepemimpinan. Yang membedakan sekolah alam ini dengan yang lain yaitu sekolah ini lebih mengedepankan spiritual keagamaan seperti mencetak generasi tahfidz Qur’an, tahsin dan hadist.

Selain itu, proses pembelajaran tidak hanya di dalam ruangan namun juga di luar ruangan seperti berkunjung ke kebun binatang, pantai, masjid, taman bunga dan lain sebagainya. Saat ini sekolah ini memiliki fasilitas diantaranya 2 buah toilet, 5 buah ruangan kelas, satu buah UKS dan perpustakaan serta zona bermain yang luas. Untuk pembayaran regristasi sekolah ini sebesar Rp 200 ribu sedangkan bulanannya Rp 250 sampai 350 ribu.

“Awalnya ada beberapa anak muda termasuk saya yang memiliki semangat untuk membangun sekolah alam ini. Kemudian memang dari yayasan di setujui, akhirnya kami para pemuda mulai membangun sekolah alam ini dengan dana yang seadanya. Sebenarnya sekolah alam ini cabang dari Jakarta tepatnya di daerah Cipedak. Dan kami membangun sekolah ini tahun 2018 Alhamdulillah sampai saat ini kami masih tetap bertahan,” terang Kepala Sekolah Alam Indonesia Bengkulu, Agus Taifur (26), saat diwawancarai BE, Senin (20/1).

Proses belajar mengajar di sekolah alam ini mulai pukul 07.30 sampai 14.00 WIB untuk siswa SD kelas 1 sampai 3, sedangkan untuk siswa TK mulai dari pukul 07.30 sampai 12.00 WIB. Adapun kegiatan lainnya seperti latihan berenang, memanah, berkuda, kemping dan kegiatan lainnya. Jumlah guru SD sebanyak 4 orang sedangkan guru TK sebanyak 3 orang. Dan memang karakter guru disini pun rata-rata mencintai alam.

“Alhamdulillah sejak awal berdiri nya sekolah alam ini siswa nya terus bertambah dan masyarakat Kota Bengkulu pun sudah mulai mengenal Sekolah Alam ini. Dan sekolah ini juga sudah di dukung oleh beberapa Bank yang ada di Kota Bengkulu seperti Bank BI, Bank syariah dan lainnya instansi tersebut membantu memberikan donasi berupa uang yang kemudian kami gunakan untuk pembangunan dan perlengkapan lainnya,” tambahnya.

Intan Baiduri (42), wali murid dari Sekolah Alam Indonesia mengatakan, dia memilih menyekolahkan anaknya di sekolah alam memang melihat anaknya yang super aktif. “Anak saya yang super aktif dan gak mau di masukkan ke sekolah negeri lainnya. Kemudian saya lihat sekolah alam ini memang pas untuk anak usia dini karna anak-anak seusia mereka suka belajar sambil bermain. Itulah mengapa saya tertarik menyekolahkan anak saya disini, karna saya lihat berkembangan anak saya yang cukup bagus. Saya berharap sekolah ini tetap ada dan semakin maju dan pemerintah juga membantu untuk pembangunan dan lain sebagainya,” ujarnya.(MG3)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*