Sekkab BS Panen Padi Perdana

SEGINIM, BE – Sekkab BS Drs H Zainal Abidin Merahli kemarin menggelar
panen perdana padi di hamparan sawah milik 4 kelompok tani di Desa Pajar Bulan, Seginim.

Kelompok tani yang menggelar panen perdana bibit padi penangkaran itu berasal dari Poktan Air Putih 1 dan 2 serta Poktan Serasan dan Sinar Bandung. Dalam acara itu, selain Sekkab BS, hadir Camat Seginim, Kadis Pertanian BS, Sekdis Pertanian Provinsi Bengkulu, dan anggota poktan setempat.

Menariknya, panen perdana bibit padi unggul itu menghasilkan benih sebanyak 7-8 ton perhektar. Hal ini diungkapkan oleh koordinator ke 4 kelompok tani tersebut, Drs Inamin pada saat penyampaian laporan kegiatan kemarin.

“Dari hasil panen ini nanti kami perkirakan setiap hektar mampu menghasilkan padi mencapai 7 hingga 8 ton,” katanya.

Menurutnya, keberhasilan penangkaran benih padi unggul itu tidak terlepas dari peran serta Dinas Pertanian BS dan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu yang telah memberikan bimbingan dan juga bantuan bibit unggul yakni benih padi dengan label putih dari balai benih induk kelobak varietas Mikongga. Waktu itu 4 pokran itu mendapat bantuan benih sebanyak 1.250 kg untuk 50 hektar. Jadi setiap hektarnya mendapat bantuan sebanyak 25 kg.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu Ir Trismantono mengatakan, bahwa pada tahun ini ada 4 kabupaten yang mereka bantu dalam penangkaran benih padi, yang luas keseluruhannya mencapai 200 hektar Diantara ke 4 kabupaten itu salah satunya Kabupaten BS yang mendapat bantuan benih untuk lahan seluas 50 haktar.

Sebab itu dirinya memberikan apresiasi kepada ke 4 kelompok tani yang mampu mengembangkan  benih padi yang mereka berikan  beberapa bulan lalu. Sehingga benih itu dapat digunakan untuk benih para petani untuk turun
lagi ke sawah nanti.

“Saya bangga atas kerja keras kelompok tani dalam mengolah lahan penangkaran benih padi ini yang mampu menghasilkan benih hingga 7 – 8
ton perhektar. Semoga kedepannya semangat bertani warga semakin meningkat,” ujarnya.
Sedangkan Sekkab BS, Z Abidin Merahli mengatakan, dengan keberhasilan

ke 4 kelompok tani ini dapat memberikan motivasi bagi para petani sawah di BS terutama di Kecamatan Seginim yang air irigasinya sangat minim untuk terus meningkatkan hasil sawah mereka. Dengan adanya bibit baru itu diharapkan ke depannya warga BS dapat memanfaatkan bibit yang dipanen itu sebagai pilihan utama dalam pemilihan bibit padi.(369)