Sekda Pertama Divaksin Sinovac, Bupati Masih DL

Siswanto SSos MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan (BS), Siswanto SSos MSi mengatakan, Senin hari ini (1/2), dilaksanakan vaksinasi Sinovac secara serentak di Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah (RSUDHD) Manna BS dan 14 Puskesmas se-BS. Pada pelaksanaan vaksinasi ini, yang pertama kali divaksin yakni Sekda BS, Yudi Satria SE MM.

“Mengingat Pak Bupati masih dinas luar (DL), maka yang pertama divaksin pak sekda,” katanya.

Dikatakan Siswanto, selain bupati yang belum divaksin, wakil bupati BS, H Rifai Tajuddin SSos juga tidak divaksin. Pasalnya, dirinya pernah terkonfirmasi positif Covid – 19. Sebab terpapar Covid-19 merupakan salah satu dari 14 kriteria yang tidak boleh divaksin seperti yang sudah terkonfirmasi, umur dibawah 18 tahun diatas 59 tahun, punya riwayat penyakit seperti jantung, kencing manis dan lain sebagainya. Sehingga selain Sekda, maka berikutnya 10 pejabat publik lainnya seperti ketua DPRD BS, Kajari, Dandim, Kapolres BS, Ketua Kemenag, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua MUI, KNPI dan perwakilan media.

“Lokasi Sekda dan pejabat publik divaksin yakni di RSUDHD Manna BS,” ujarnya.

Dijelaskan Siswanto, jumlah vaksin ada 3.120 vial. Saat ini sudah didistribusikan ke RSUDHD Manna BS dan 14 Puskesmas se BS. Sehingga nantinya dilakukan vaksin senovac serentak. Selain para pejabat publik, yang akan divaksin yakni tenaga kesehatan.

” Ada 1.560 orang yang akan divaksin dengan rincian10 pejabat publik, 1540 tenaga kesehatan dan 10 lagi cadangan, pelaksanaan vaksinasi ada dua tahap, pertama 1 Februari dan kedua 14 Februari,” terang Siswanto. (369)