Sekda: Mutasi untuk Tingkatkan Kinerja

KEPAHIANG, BE – Sekda Kabupaten Kepahiang Drs H Hazairin A Kadir MM memastikan mutasi pejabat akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Pergantian posisi pejabat ini untuk meningkatkan kinerja birokrasi yang dinilainya belum maksimal.
“Sebenarnya tujuan mutasi untuk meningkatkan kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Sehingga para PNS tidak perlu khawatir apabila dimutasi,” ujarnya, kemarin.
Dikatakannya, saat ini pihaknya masih melakukan penilaian terhadap sejumlah PNS yang nantinya akan ditempatkan pada jabatan yang strategis. Penilaian mengacu pada catatan karir PNS yang bersangkutan dan juga disiplin serta basic ilmu PNS tersebut.
“Untuk mutasi kali ini yang kita utamakan terutama karir PNS, sehingga siapa yang karirnya bagus tentunya akan kita posisikan kepada jabatan yang strategis,” jelasnya.
Menurutnya, dengan adanya informasi mutasi yang saat ini tengah digembor-gemborkan media massa tidak harus ditakuti kalangan PNS. Sejauh kinerja dan kepemimimpinan seorang PNS tersebut baik maka tidak akan dilakukan mutasi.
“Mengenai akan dilakukan mutasi ini ppara PNS tidak perlu khawatirlah karena mutasi ini dilakukan juga sebagai bentuk penyegaran,” jelasnya.
Sementara itu, pada bagian lain Sekda menyampaikan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kepahiang. Evaluasi ini dilakukan mengigat banyak SKPD yang tidak tercapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2012 kemarin.
“Saat ini kita juga melakukan evaluasi terhadap kinerja SKPD, dimana terutama pada SKPD yang tidak tercapainya target PAD-nya pada tahun lalu,” ujar Sekda.
Dikatakannya, dengan dilakukannya evaluasi ini maka nantinya akan diketahui SKPD mana yang maksimal dalam kinerjanya dalam menggali potensi PAD.
“Tentunya sewaktu dievaluasi nantinya ada SKPD yang tidak maksimal dalam pencapaian target PAD ini, maka kita tentunya akan mengambil langkah tegas karena masing-masing pimpinan SKPD itu juga dituntut kerja masksimal dalam menggali potensi PAD dan itu juga tanggungjawabnya,” tandas Sekda.(505)