Sekda Minta Awasi Penyaluran Rastra

92 Ton Beras Rastra Disalurkan

Ilustrasi
Ilustrasi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Perum Bulog Divre Bengkulu, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur meluncurkan penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Kaur, Selasa (23/1). Peluncuran Bansos Rastra ini dilakukan langsung oleh Sekda Kaur, H Nandar Munadi S.Sos di depan halaman Kantor Bupati Kaur.

“Program Bansos yang diprogramkan oleh pemerintah ini sangat bermanfaat untuk membantu dan mengurangi kemiskinan. Juga kami mengapresiasi Bansos Rastra tersebut karena hal itu bisa membantu warga miskin,” kata Sekda dalam sambutannya saat peluncuran Rastra, kemarin.

Dikatakan Sekda dengan diluncurkannya Rastra ini, ia berharap program Bansos Rastra dapat terealisasi hingga mencapai 100 persen agar mengurangi beban pengeluaran rumah tangga masyarakat yang kurang mampu. Juga ia meminta kepada semua pihak agar selalu mengawasi dan memonitor dalam penyaluran Rastra agar sampai yang berhak menerimanya.

“Kita terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat miskin. Juga dengan disalurkannya Rastra ini saya minta semua pihak dapat mengawasinya dan jangan ada Pungli, dan jangan ditahan-tahan lagi,” tegas Sekda.

Kepala Dinsos Kaur H Sidarmin Tetap M TPd juga menyampaikan, Bansos Rastra akan disalurkan setiap bulannya dengan alokasinya sebesar 10 kilogram untuk tiap keluarga yang kurang mampu atau yang berpendapatan rendah dan digratiskan tanpa dikutip biaya alias gratis. Jumlah Rastra yang disalurkan ini ada 92,490 ton untuk 9.249 KPM yang tersebar di 15 kecamatan Kabupaten Kaur.

“Mudah-mudahan program Bansos Rastra ini berjalan sebagaimana yang diharapkan dan dapat dirasakan langsung manfaat oleh masyarakat Kaur, dan juga kita siap awasi pendistribusian Rastra ini,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan Perum Bulog Bengkulu Alfonso Roy Wicaksono, mengatakan program Bansos Rastra, selain akan membantu warga miskin juga untuk menjaga stabilitas harga pangan.

“Program Rastra ini juga bertujuan untuk stabilitas harga pangan. Bagi masyarakat pun tidak perlu khawatir terhadap kemungkinan kenaikan harga beras, karena dengan Rastra ini bisa menekan harga kenaikan beras,” jelasnya. (618)