Sekda Minta Air ke Pemkot Bengkulu


3. Jefryy/Bengkulu Ekspress – Air bersih sangat dibutuhkan warga di musim kemarau.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Kemarau berkepanjangan yang terjadi beberapa bulan terakhir membuat sumur kering dan warga Seluma, banyak kekurangan air bersih. Untuk membantu warga mendapatkan air bersih, kemarin (19/9), Sekda Kabupaten Seluma Irihadi MSi, memaksakan meminta bantuan pengadaan air bersih ke Pemerintah Kota Bengkulu. Hanya saja, sejauh ini apakah bisa direalisasikan atau tidak belum bisa dipastikan, karena masih menunggu persetujuan walikota dan wakil walikota.

“Kemaren kita sudah lakukan kunjungan, dan secara omongan pemerintah kota bersedia memberikan bantuan pasokan air kepada warga Seluma,” tegas Sekda Sekda Seluma Irihadi MSi kepada BE.

Dijelaskan, saat ini Pemkab Seluma, menunggu jawaban secara tertulis dari Pemerintah Kota Bengkulu, dan dalam waktu dekat ini dirinya meyakini segera disampaikan ke petinggi Pemkot Bengkulu.”Secara omongan sudah sepakat, saya rasa pihak Pemkot dalam waktu dekat segera sampaikan surat tertulisnya,” ucap Irihadi.

Masyarakat Seluma, yang membutuhkan air bersih, dipersilakan melaporkan ke BPBD Seluma. Bila permintaan air ke Pemkot disetujui, BPBD Seluma, mengambil air ke Cahaya Negeri, untuk dibagikan kepada masyarakat yang mengajukan permohonan tersebut. Sekda melanjutkan, air bersih tersebut diberikan secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten Seluma.

Disisi lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma, menyalurkan air bersih kepada sekolah dan juga masjid yang berada di sekitaran Kecamatan Seluma Kota. Penyaluran air ini menggunakan mobil tanki yang merupakan bantuan dari BPBD Provinsi Bengkulu.

“Untuk sementara waktu adalah tempat umum terlebih dahulu, seperti masjid dan sekolah,” ujar Kepala BPBD Seluma Arben Muktiar MSi kepada BE.

Masyarakat diperbolehkan memanfaatkan air bersih di sekolah dan masjid tersebut. Sedangkan, rencana untuk meminta bantua air ke Kota Bengkulu. Menurut Arben Muktiar dilaksanakan setelah ini, namun air itu dipergunakan untuk air minum dan konsumsi sendiri. Sedangkan, air yang saat ini mereka bagikan yang bersumber dari air bendungan Seluma diperuntukkan untuk kegiatan sehari-hari saja.

“Kalau soal bantuan itu tetap akan kita lakukan, namun sementara kita masih akan menunggu, dan nantinya air tersebut akan dipergunakan untuk minum dan konsumsi sehari-hari,” lanjutnya. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*