Open Member Jamkesmas dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)


large-Program-Jamkesda
foto ; ist

 

Dinas Kesehatan Mengalokasikan Sebanyak 1000 Daftar Open Member

TAIS KABUPATEN SELUMA, Bengkulu Ekspress – Guna menampung banyaknya warga Kabupaten Seluma yang belum terdaftar sebagai penerima Jamkesmas, Kartu Indonesia Sehat(KIS) dan Jamkesda. Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma mengalokasikan sebanyak 1000 daftar open member.

“Jadi jumlah yang menerima Jamkesda sebanyak 11 ribu jiwa dan seribu open member untuk warga yang belum tercover,”tegas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Khaidir Muchtar SSos melalui Sekretaris, Rudi Sawaludin SSos kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (22/5).

Disampaikannya, open member ini sangat penting dialokasikan, mengingat data penerima jamkesda tidaklah sinkron. Sehingga penting sekali menyediakan open member ini. Namun dengan catatan harus ada sejumlah syarat administrasi yang dilengkapi oleh calon open member ini. Salah satunya adalah KK, KTP serta keterangan dari desa, kelurahan dan Dinas Sosial. “Untuk saat ini tidak serta merta masuk ke open member, namun ada syaratnya juga,”ujarnya

Tahun 2018 ini, pihaknya sudah menganggarkan sebanyak Rp 3,3 milliar untuk pembayaran klaim jaminan kesehatan daerah (Jamkesda).

“Untuk saat ini sebanyak 10 ribu jiwa yang dibiayai menggunakan Jamkesda. Mereka ini ditanggung oleh daerah, karena tidak tertampung lagi menggunakan APBN. Untuk fasilitas kesehatan tetap sama. Bisa mendapatkan fasilitas rujukan sampai ke Jakarta. Sama seperti fasilitas kartu BPJS masyarakat miskin lainnya,” tegas Rudi. (333)