Sediakan Modal Usaha untuk Duafa

Dompet Duafa Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Dompet Duafa Bengkulu (DDB) memberikan bantuan modal usaha bagi kaum duafa. Pimpinan Cabang DD Bengkulu, Dede Tri Nopran mengatakan, selain menjadi lembaga sosial yang selalu menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, DDB juga menyediakan bantuan modal bagi kaum duafa yang ingin membuka usaha.

“Bentuk bantuan kami tidak hanya penyaluran dana kepada para korban bencana, tetapi juga menyediakan bantuan modal bagi kaum duafa yang ingin membuka usaha,” ujar Dede kepada BE, Selasa (28/1).

Dede menjelaskan, modal usaha yang diberikan berupa uang, perlengkapan yang dibutuhkan untuk membangun usaha dan lain-lain. Karena sesuai dengan filosofi DDB yaitu memberikan mata pancing, bukan hanya memberikan umpan. “Bantuan modal usaha itu diberikan mulai dari bukanya usaha sampai suksesnya usaha tersebut. Misalkan ingin buka warung makan, kami bantu mulai dari proses pembangunan tempat, penyediaan barang-barang sampai berdirinya usaha rumah makan tersebut,” tuturnya.

Bagi yang ingin mendapatkan bantuan dana usaha dari DDB harus menyiapkan beberapa syarat yang telah ditentukan. “Syarat-syaratnya surat permohonan bantuan modal ditujukan kepada pimpinan DD Bengkulu, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), fotocpoy Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan denah lokasi rumah. Tujuan utama dari program memberikan bantuan dana usaha adalah merubah yang tadinya seorang mustahik (penerima zakat), menjadi seorang muzakki (pembayar zakat),” tambahnya.

Lembaga DDB berbeda dari lembaga sosial lain pada umumnya. Selain menyalurkan bantuan kepada masyarakat, DDB juga sebagai lembaga amil zakat yang mengelola ZISWAF. “Bedanya DDB dengan lembaga lain ialah kalau DDB hasil dari donasinya dihimpun sendiri, dari masyarakat untuk masyarakat. Bagi saudara-saudara yang ingin membayar zakat, memberi Infaq, sedekah, waqaf bisa juga di lembaga DDB,” ujarnya.

Untuk yang ingin memberikan donasi, dapat dilakukan melalui 3 cara, yaitu via transfer, layanan jemput zakat, dan bisa datang langsung ke kantor DD cabang Bengkulu di Jalan Anggrek Kelurahan Nusa Indah, Ratu Agung, Kota Bengkulu. Bagi yang ingin berkontribusi menjadi relawan DDB, bisa menyiapkan beberapa syarat yang telah disediakan.
“Adapun syarat-syaratnya yaitu pria/wanita usia maksimal 16 tahun, memiliki jiwa volunter, mampu meluangkan waktu, bertanggung jawab, kreatif, dan aktif, wajib follow ig @ddbengkulu, dan mengisi format pendaftaran yang telah di website resmi DDB. “Sejak berdirinya DDB cabang Bengkulu sampai sekarang, alhamdulillah telah memiliki kurang lebih 44 relawan,” katanya.

Lembaga DDB sebaran wilayahnya bukan hanya berada didalam negeri, melainkan sudah membuka cabang di beberapa negara asia. DDB juga telah mendapatkan berbagai macam penghargaan Nasional dari pemerintah sebagai lembaga yang peduli dengan kehidupan kemanusiaan.
“Untuk Indonesia sendiri penyebaran wilayah cabangnya hampir seluruhnya, dan rencananya 2020 akan terealisasi semua provinsi di Indonesia. Untuk luar negeri sudah berdiri cabang di Hongkong, dan Jepang. Salah satu penghargaan yang didapatkan oleh DDB adalah Middles-Class Brand Championn 2015, sebagai lembaga amal zakat, infaq, dan sodaqoh nasional dari pemerintah Indonesia,” tutupnya.(mg11)