Sebarkan Virus-virus GenRe

Ist/Bengkulu Ekspress  SERAHKAN: Penyerahaan piala kepada salah satu pemenang duga GenRe BKKBN Provinsi Bengkulu tahun 2018
Ist/Bengkulu Ekspress SERAHKAN: Penyerahaan piala kepada salah satu pemenang duga GenRe BKKBN Provinsi Bengkulu tahun 2018

Pemilihan Duta GenRe 2018

BENGKULU, BE- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga BerencanaNasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, kembali melakukan pemilihan duta Generasi Remaja (GenRe) tahun 2018. Pemilihaan yang digelar pada Kamis hingga hari Minggu (19-21) di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu itu, mengusung tema Energy of Genre untuk memilih remaja terbaik yang akan menyebarkan virus-virus genRe pada remaja dan masyarakat se-Provinsi Bengkulu.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf, mengatakan pemilihan duta Genre mempromosikan program-program GenRe.

“Pemilhan duta Genre sangat penting diadakan, terutama untuk mempromosikan program-program Genre. Selain itu seleksi ini juga sebagai ajang pencarian role model remaja di provinsi Bengkulu, Mengingat remaja butuh sosok dan figur yang dijadikan teladan dalam berpikir dan bertindak,” terang Busmar.

Senda disampaikan oleh Kabid KS PK Adharsyah mengatakan pemilihan Duta GenRe juga bertujuan mempromosikan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Kependudukan (KKBPK) dikalangan remaja agar memiliki pengetahuan dan kepedulian. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk promosi program KKBPK agar remaja Bengkulu memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku positif dalam mengembangkan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan peduli pada sosial,” kata adharsyah.

Kriteria peserta sendiri adalah remaja yang aktif di pusat informasi dan konseling remaja atau PIK-R dengan kategori PIK-R Basis Pendidikan di Oragnisasi tingkat perguruan tinggi maupun Sekolah sedangkan PIK-R Basis Masyarakat adalah remaja yang aktif di kegiatan masyarakat seperti karang taruna, risma dan lain-lainnya.

Selain itu juga mereka yang telah menjalankan project inovatif di daerah masing-masing.Seluruh peserta merupakan kontingen dari Kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu. Tercatat sebanyak 48 orang peserta yang siap menyebarkan virus-virus genRe yang terdiri dari dua pasang putra dan putri terbaik dari Kabupaten dengan kategori basis pendidikan dan basis masyarakat serta tiga pasang putra  dan putri terbaik dari Kota Bengkulu dengan kategori yang sama.

Sejak 2010 lalu hingga sekarang forum GenRe yang merupakan himpunan dari remaja GenRe telah berkomitmen untuk menyebarkan dan menularkan virus-virus GenRe sendiri meliputi program-program Genre yakni sosialisasi mengenai bahaya pernikahan dini, seks bebas, narkoba, dan merencanakan masa depan dengan sebaik-baiknya.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi dan karantina, Sabtu malam (21/4) di Hotel Grage Bengkulu, menjadi malam puncak dan penganugerahan gelar duta GenRe pada Putra dan Putri terbaik se-Provinsi Bengkulu. Penganugerahan yakni Basis Masyarakat dan Basis Pendidikan.

Untuk Basis Masyarakat telah dianugerahkan kepada Juara 1 Putra berhasil diraih oleh Chairil Anuar kontingen dari Kota Bengkulu dan Juara 1 Putri diraih oleh Annisa Salsabilah kontingen dari Kabupaten Rejang Lebong, Juara 2 Putra diraih oleh Ario Amanda dari Kabupaten Rejang Lebong dan Juara 2 Putri diraih oleh Nila Julianti dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Juara 3 Putra diraih oleh Lio Trio dari Kota Bengkulu dan Juara 3 Putri diraih oleh Fevi Aditya dari Kota Bengkulu.

Sedangkan untuk Basis Pendidikan, telah dianugerahkan kepada Juara 1 berhasil diraih oleh Abdullah Bimas kontingen dari Kabupaten Rejang Lebang dan Juara 1 Putri diraih oleh Anggun Putri dari Kabupaten Kepahiang, Juara 2 Putra diraih oleh Dufferez Putra dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan Juara 2 Putri diraih oleh Ririn Oktarini dari Kabupaten Rejang Lebong, Juara 3 Putra diraih oleh Arief Rahmawan dari Kota Bengkulu dan Juara 3 Putri diraih oleh Sri Indah dari Kota Bengkulu.

Disamping itu juga diberikan penganugerahan untuk beberapa kategori yakni Duta Persahabatan diraih oleh Jidan Ramadani dari Kabupaten Lebong, Duta Favorit diraih oleh Aryo Kurnia dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Duta Kreator diraih oleh Winda Ulan Sari dari Kabupaten Bengkulu tengah, dan Duta
Motivator diraih oleh Rija Khoyrul dari Kabupaten Bengkulu Utara.

Menurut Annisa Salsabilah, Juara 1 Putri Basis Masyarakat yang merupakan kontingen dari Kabupaten Rejang Lebong mengatakan bahwa sangat senang bertemu remaja se-visi yang berkomitmen menyebarkan virus-virus Genre.

“Salsa senang bisa mengikuti seleksi tingkat Provinsi dan bertemu dengan remaja-remaja Bengkulu yang se-visi menyebarkan virus-virus GenRe. Semoga akan terus ada pemilihan duta GenRe ditahun-tahun berikutnya, karena program ini sangat bermanfaat,” ujar Salsa.

Senada dengan Hanik Widiastuti selaku Kasubbid Remaja juga bahwa menambahkan Melalui pemilihan Duta GenRe 2018, diharapkan akan terus berlanjut dan sebagai bagian dari kontribusi remaja menyongsong bonus demografi serta terus menjaga semangat untuk terus melaksanakan project inovatif.

“Semoga pemilihan duta genre tidak berakhir sampai disini tapi sampai tahun-tahun berikutnya. karena pemilihan duta ini ajang untuk mengajak remaja untuk melaksanakan masa depannya. terutama dari segi perencanaan kehidupan, melanjutkan pendidikannya, sehingga terhindar dari nikah dini, seks bebas, dan narkoba agar dapat berkontribusi dalam bonus demografi 2045. Outputnya mereka kembali ke kabupaten dan kota masing-masing, siap melaksanakan program project inovatif yang telah mereka buat,” Kata Hanik. (151/Ayu Astika Sari)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*