Sayembara Logo dan Maskot Porwil Sumatera X

 Jatim dan Jabar Juara
Foto : IST

 Jatim dan Jabar Juara

BENGKULU, BENGKULU EKSPRESS – Sayembara logo dan maskot Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera X telah ditutup pada tanggal 29 September lalu. Dari hasil penilaian dewan juri, juara 1 kategori logo diraih oleh peserta asal Lumajang Provinsi Jawa Timur (Jatim), Badi Halian Suki dengan skor 436,3.

Kemudian untuk juara 1 kategori maskot diraih peserta asal Cimahi Provinsi Jawa Barat (Jabar), Muhammad Kusni dengan skor 428,2. Kemudian untuk juara 2 kategori logo diraih oleh Ahmad Dani asal Kota Bengkulu dengan skor 411,3 dan juara 2 kategori maskot diraih peserta asal Sumedang, Jabar, Ade Kurnia Hidayat dengan skor 398,9.

Salah satu Dewan Juri, Dr Susetyo MPd mengatakan, secara keseluruhan yang mendaftar sayembara itu mencapai 200 orang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Logo dan maskot yang dikirim semuanya memiliki nilai dan makna tinggi, namun dewan juri harus memutuskan yang terbaik.

“Logo dan maskot yang dikirimkan semua bagus. Kami juga sampai kesulitan menilai, tapi harus kami putuskan yang terbaik,” terang Susetyo kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (3/10).

Dijelaskannya, sayembara yang dimulai tanggal 13 September itu dibagi dalam beberapa kriteria. Mulai dari gambaran pelaksanaan Porwil, kearifan lokal dan potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu. Lalu ada juga kesesuaian dengan tema yang telah ditetapkan, filosofi logo dan maskot, unsur estetika, bentuk dan warna (maksimal 3 warna), menarik dan mudah diaplikasikan ke berbagai media.

Untuk sayembara bertema “Spirit of Sumatera, Berprestasi di Bumi Rafflesia” itu, khusus untuk kategori maskot berupa fauna asli Bengkulu yaitu Beruang Madu. Dipilihnya beruang madu sebagai maskot Porwil Sumatera X untuk mengangkat kearifan lokal Bumi Rafflesia serta memperkenalkan fauna endemik Provinsi Bengkulu.



“Jadi, banyak yang kita nilai dan kita lihat masih ada yang lebih dari 3 warna. Tapi karyanya sangat luar bisa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd mengatakan para pemenang berhak mendapatkan uang tunai dan piagam penghargaan. Masing-masing kategori, juara 1 sebesar Rp 7,5 juta dan piagam. Untuk juara dua diberikan penghargaan sebesar Rp 5 juta dan piagam. Sesuai informasi yang telah disebarkan oleh panitia, pajak ditanggung oleh pemenang. Pemenang juga diminta untuk mengirimkan nomor rekening bank yang aktif dan KTP sesuai dengan identitas pemenang. “Kita ucapkan selamat bagi para menang,” terang Meri.

Dijelaskan, Meri sayembara yang digelar itu sangat antusias diikuti peserta dari berbagai provinsi. Mulai dari Papua, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sumatera termasuk Aceh. Ini menjadi bukti bahwa banyaknya para pemuda dan pemudi berbakat untuk memberikan kontribusinya dalam olahraga, termasuk Porwil yang akan digelar pada tahun 2019 mendatang. “Setelah ini, kita tetap bersama-sama agar Porwil dapat berjalan lancar dan sukses di Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah,” pungkasnya. (151)