Saya akan Kejar Robben Usai Pertandingan

Sergio van Dijk
154038_738164_van_dijk_5LAGA persahabatan antara Indonesia dan Belanda punya arti tinggi buat Sergio van Dijk yang merupakan pemain naturalisasi keturunan Belanda. Sejak pertama kali ke Indonesia tahun 2004, Sergio -sapaan akrabnya- sudah ingin membela Timnas Indonesia. Setelah impian itu tercapai, Sergio justru diharuskan melawan bekas negaranya.

Meski mengaku sulit menang lantaran Belanda adalah tim papan atas dunia, Sergio akan memberikan semua kemampuannya untuk melawan juara Eropa 1988 itu. Dia pun percaya para penggawa Merah Putih akan merepotkan tim asuhan Louis Van Gaal melalui serangan balik karena pemain Indonesia juga bisa bermain cepat.

Berikut petikan wawancara wartawan JPNN, MAHBUB AMIRUDDIN dengan Sergio van Dijk yang menyatakan tak pernah takut dengan pemain-pemain Timnas Orange di Lapangan C Senayan Jakarta, Selasa (4/6).

Apa yang memotivasi Sergio bermain di Indonesia?

Perasaan saya sebagai orang Indonesia cukup tinggi. Dari dulu saya senang dengan kultur orang Indonesia. Saat pertama kali datang tahun 2004, saya sudah ingin bermain untuk timnas Indonesia. Sekarang mimpi saya terwujud, saya enjoy dan sangat bahagia di timnas Indonesia.

Apa arti pertandingan ini?

Bagi saya pribadi ini sangat spesial karena saya setengah Indonesia setengah Belanda. Mudah-mudahan saya bisa bermain dengan nyaman. Semua striker termasuk saya tentu punya keinginan untuk mencetak gol di setiap pertandingan, tapi lawan Belanda cukup sulit karena mereka punya pemain-pemain yang luar biasa.

Ini adalah pertandingan yang penting untuk suporter dan pemain Indonesia. Biasanya kita menyaksikan pemain bintang dunia melalui layar televisi. Tapi nanti tanggal 7 Juni masyarakat Indonesia bisa menyaksikan langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Keluarga Dukung Indonesia atau Belanda?

Keluarga tentu saja mendukung Indonesia. Keluarga dan teman di Belanda mau menonton pertandingan ini karena kebetulan di Belanda juga disiarkan secara langsung. Ini kesempatan buat saya, mudah-mudahan bisa cetak gol dan timnas Indonesia mendapatkan hasil yang bagus.

Keluarga dari Belanda ada yang ke GBK?

Ada. Ayah, istri dan anak saya akan datang  langsung ke stadion GBK. Keluarga dekat yang di Bandung rencananya juga mau nonton langsung di stadion. Mereka tentunya mendukung merah-putih.

Jacksen akan minta masukan kamu tentang timnas Belanda?

Kita tahu timnas Belanda mainnya bagaimana. Saya tidak usah omong banyak ke Jacksen tentang kualitas timnas Belanda, semua juga tahu mereka punya pemain bagus, pola permainan rapi dan pelatihnya sangat berpengalaman. Mereka bermain dengan cepat dari kiri ke kanan. Kalau kita terlambat, mereka bisa cetak gol dengan gampang.

Punya pemain idola di Timnas Belanda?

Mungkin dengan Arjen Robben. Saya pernah bermain dengan dia selama empat atau lima tahun di Akademi Sepakbola Groningen, saya cukup kenal baik dengan dia.

Pemain yang paling ditakuti di timnas Belanda?

Saya tidak takut pemain-pemain Belanda. Tapi memang di tim Belanda banyak pemain yang harus diwaspadai seperti Robin van Persie dan Arjen Robben. Kita tidak perlu takut dengan pemain Belanda karena kita harus enjoy bermain dengan pemain-pemain top dunia, tidak setiap minggu bisa bermain lawan tim sebagus Belanda.

Apakah Indonesia bisa menang?

Itu sulit karena timnas Belanda kelas dunia, hampir menang Piala Dunia tahun 2010. Saya berharap pertandingan ini dijadikan pengalaman berharga.

Ada tips mengalahkan Belanda?

Kita harus kerja keras, enjoy dan main dengan hati. Kita bisa menggunakan strategi counter attack, karena kita punya pemain cepat seperti Boaz Salossa dan Greg Nwokolo.

Kemarin masih main lawan Gresik United, bagaimana kondisi fisik kamu?

Saya akui sedikit agak capek, beruntung kita punya waktu sampai empat hari untuk istirahat bersama dengan coach dan pemain lain.

Bagaimana cara mengembalikan kondisi fisik kamu?

Malam ini saya tidur jam 7 malam. Kondisi fisik saya tidak hilang, tapi istirahat itu sangat penting. Besok mungkin latihannya pelan-pelan seperti hari ini.

Mau cetak berapa gol lawan Belanda?

Ha ha ha, itu sangat sulit. Kalau dapat peluang saya akan maksimalkan mencetak gol. Tapi kalau ada pemain yang bisa cetak gol itu tidak apa-apa karena yang terpenting kita bisa menampilkan permainan bagus untuk Indonesia, bukan untuk saya sendiri.

Jersey siapa yang kamu incar usai pertandingan?

Saya mau sekali dapatkan jersey Robben, tapi saya yakin pemain lain juga incarnya karena Robben pemain yang sangat baik. Karena itu saya akan berlari cepat ke arah Robben dan mengejarnya usai pertandingan sebelum pemain lain meminta jerseynya.

Bagaimana kalau tak berhasil?

Kalau tidak dapat jersey Robben saya mengincar jersey Wesley Sneijder, RvP (Robin van Persie) atau Heitinga. Kalau saya bisa dapatkan, itu akan sangat bagus. (abu/jpnn)