Sawit Sebabkan Air PDAM Menyusut

Dir PDAM, Siti Yuningsih
Sawit Sebabkan Air PDAM Menyusut

SEMIDANG LAGAN, Bengkulu Ekspress – Keberadaan perkebunan sawit berdampak negatif bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Rafflesia Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Sebab, keberadaan tanaman sawit di sekitar sumber air baku PDAM di Desa Lagan Bungin, Kecamatan Semidang Lagan mengakibatkan sumber air PDAM mengalami penyusutan secara cepat. Terutama saat musim kemarau tiba.



“Jauh sebelum ada tanaman sawit. Sumber air bersih di Desa Lagan Bungin tetap bisa menyuplai air bersih kepada pelanggan, meskipun musim kemarau. Akan tetapi, setelah ada tanaman sawit disekitarnya, air yang berada di bendungan sangat cepat menyusut,” kata Direktur PDAM Tirta Rafflesia Kabupaten Benteng, Siti Yuningsih AZ SE MH, kemarin (23/8).

Meski demikian, Siti mengakui, manageman PDAM tak bisa berbuat banyak dikarenakan perkebunan sawit tersebut merupakan milik warga yang ditanam diatas lahan pribadi.

“Kami hanya bisa berharap agar tanaman sawit tak bertambah. Sebab, masyarakatlah yang nantinya akan dirugikan,” tandasnya.

Selain mengalami penyusutan, Siti juga mengungkapkan bahwa tingkat pencemaran air PDAM juga semakin parah. Hal ini terjadi pada sumber air baku PDAM yang berasal dari Sungai Bengkulu di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat. “Kami hanya bisa berharap agar masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga sumber air PDAM,” pinta Siti.(135)