Saur Manalu Jabat Ketua Komisi II

Saur (2)
Foto : Saur Manalu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kekosongan Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu sejak ditinggalkan Baidari Citra Dewi akhirnya diisi Saur Manalu dari Fraksi Nasdem. Hal ini berdasarkan hasil pemilihan secara langsung melalui voting internal anggota Komisi II. “Alhamdulillah saya dipercaya oleh teman-teman dewan menjadi Ketua Komisi II, dan disisa jabatan yang kurang dari setahun lagi ini, akan dijalankan dengan maksimal,” kata Saur, kemarin (3/9).

Pemilihan ketua ini memang telah diagendakan dengan mengumpulkan seluruh anggota dewan komisi II dengan proses pemilihan yang berlangsung secara tertutup. Dalam voting tersebut, Saur Manalu dihadapkan dengan 2 anggota dewan lainnya yang juga masuk nominasi yakni M Awaludin dari Fraksi PKS dan Mardensi Fraksi Golkar. Dari 11 anggota komisi II yang hadir, akhirnya Saur Manalu mendapatkan perolehan suara terbanyak yakni 7 suara, sedangkan Mardensi hanya 3 suara dan Awaludin 1 suara.

“Insya Allah saya siap dan mampu menjalan amanah ini, yang jelas dalam melaksanakan tugas yang paling penting adalah komunikasi dengan unsur pimpinan apa lagi sekarang masa penganggaran, kita harapkan semua berjalan baik baik,” terangnya.

Dengan jabatan sebagai Ketua Komisi, Saur Manalu dituntut mampu mengayomi dan menjalin kerjasama yang baik dengan anggota lainnya, adapun anggota dewan yang tergabung dalam Komisi II tersebut yakni Rafika (Gerindra), Awaluddin (PKS), Zulaidi (PKS), Heri Ifzan (PPP), Hotman Nababan (Gerindra), Nazarudin (Demokrat), Sawaludin Simbolon (Demokrat), Minharsi’i (Kebangkitan Bintang Perjuangan), Iswandi Ruslan (PKB), Indra Sukma (PAN) dan Mardensi (Golkar).”Saya terpilih ini berdasarkan permintaan dan keinginan dari kawan-kawan dewan lainnya, bukan karena ada unsur lain,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota, Iswandi Ruslan meyakini bahwa Saur Manalu bisa peka terhadap tugas pokok dan fungsi terkait komisi II yang membidangi pembangunan, dan mampu menjalankan fungsi pengawasan terhadap kinerja pemerintah kota. Serta menjalin kerjasama yang baik dengan mitra-mitra kerja terkait.



“Kita berharap Ketua Komisi baru ini betul-betul turun, peka terhadap aspirasi masyarakat,” tutur Iswandi.

Di sisi lain, Sekretaris Dewan (Sekwan), H Romadan Indosman SH MH menambahkan bahwa untuk posisi sebagai Ketua Komisi memang tidak memiliki tambahan fasilitas apapun termasuk tidak ada penambahan gaji. Tetapi lebih kepada penanggung jawab antar komisi saja, dan pendapatan pun masih setara dengan anggota dewan lainnya. “Kalau penambahan gaji saya kira tidak ada, karena ketua komisi itu untuk penyambung komunikasi dan koordinasi dengan mitra-mitra kerja. Kecuali, kalau unsur pimpinan DPRD, nah itu memang ada perbedaan baik tunjangan maupun fasilitas,” tambah Romadan. (805)