Satu Warga Positif Covid-19, Lebong Zona Kuning

foto : IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Predikat satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu dari awal tidak ada kasus covid-19 dan selalu zona hijau yang disandang Kabupaten Lebong akhirnya hilang.

Pasalnya hari ini ada satu warga Lebong yang dinyatakan positif covid-19 yang otomotis kedepan Lebong ditetapkan status sebagai zona kuning oleh Tim gugus tugas Covid-19 pusat.

Dari update data perkembangan kasus covid-19 Bengkulu, Jumat (24/7) positif Covid-19 bertambah lagi 1 orang yakni warga Lebong

“Ada satu tambahan kasus covid-19 hari ini. Saat ini, total kasus covid-19 di Provinsi Bengkulu menjadi 196 orang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, saat keterangan pers secara virtual di Posko gugus tugas, Jumat (24/7).

Dikatakan Herwan, tambahan kasus hari ini berjumlah 1 orang yaitu, kasus 196 perempuan, umur 47 tahun alamat Kabupaten Lebong. Dengan keluhan mual, muntah, batuk dan nyeri lambung, yang saat ini dirawat di RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong.

Dijelaskan Herwan dengan adanya satu kasus covid-19 satu-satunya Kabupaten yang belum ada kasus dari awal zona hijau, nanti akan berubah zona hijau kuning setelah satu Minggu sejak adanya kasus konfirmasi covid-19. Namun, jika pasien dinyatakan sembuh dan selama 4 minggu kemudian tidak ada tambahan kasus, maka daerah tersebut akan kembali lagi kezona hijau.

“Setelah satu minggu adany kasus maka daerah tadinya zona hijau maka berubah jadi kuning. Mudah-mudahan tidak ada tambahan kasus lagi dan pasien segera sembuh dalam 14 hari kedepan,” kat Herwan.

Ditambahkan Herwan, untuk proses Kegitan Belajar Mengajar (KBM) karena Lebong sudah mulai terlebih dahulu dari daerah lain, akan tetap dilanjutkan. Tetapi, jika terjadi penambahan kasus tersebut di sekolah maka tentu KBM akan ditutup sementara.(HBN)