Satu Warga Mukomuko Positif Covid-19 Meninggal Dunia

BUDI/BE
Pasien positif Covid-19 di Mukomuko meninggal dunia dan dimakamkan secara prokes.

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Mukomuko kembali menelan korban jiwa. Yaitu asal Kecamatan Lubuk Pinang, Pasien 56 jenis kelamin laki – laki berusia 51 tahun.
”Iya, satu warga positif terpapar Covid-19 meninggal dunia,” ujar Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo SKM. Menurutnya, sebelum pasien tersebut meninggal dunia, namun ia sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko, sejak 25 November 2020. Pada 29 November 2020, yang bersangkutan pulang dari RSUD Mukomuko atas permintaan sendiri.
“Ketika dirawat di RSUD Mukomuko, tanggal 25 November lalu, yang bersangkutan langsung diambil sampel swabnya. Hasilnya baru keluar dan direalese 30 November 2020,” jelasnya.

Setelah bertambahnya jumlah warga Kabupaten Mukomuko yang meninggal dunia (MD). Dan warga ini dipastikan positif terpapar Covid-19. Pasien tersebut lanjut Bustam, meninggal dunia Selasa (1/12), di RSUD Dr M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Di hari yang sama, jenazah pasien 96 langsung dikebumikan di desa tempat domisili pasien. Pemakaman jenazah tidak diantar ramai warga. Hanya mobil ambulan dari RSUD Dr M Zein, dan beberapa orang dengan menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD). “Jenazah sudah dimakamkan (1/12) sore. Pemakaman dilakukan dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan oleh Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa setempat,” bebernya.

Bustam juga menyampaikan, sebelum terdeteksi positif Covid-19, pasien 96 ini mengeluhkan sesak, lemas dan nyeri di seluruh badan. Kondisi itu, pasien menjalani perawatan medis di RSUD Mukomuko. Yang akhirnya, minta pulang dan berobat ke sejumlah tempat. Sampai akhirnya berobat ke Pesisir Selatan (Pessel), dan meninggal dunia.
“Pasien ini sudah berobat di sejumlah pelayanan kesehatan. Selama satu minggu ini, untuk berobat sempat di Puskesmas Lubuk Pinang, RSUD Mukomuko, ke sejumlah Klinik di Pessel, dan terakhir di RSUD Painan,” katanya.

Bertambahnya satu pasien Covid-19 meninggal dunia, menjadi total sebanyak enam orang warga di Kabupaten Mukomuko yang meninggal dunia dan terdeteksi positif terpapar Covid-19. Satgas mengambil kebijakan menutup sementara pelayanan di Puskesmas Lubuk Pinang hingga batas waktu yang belum ditentukan. Ini menambah jumlah Puskesmas yang sempat dilakukan kebijakan penutupan sementara. Sebelumnya Puskesmas yang pernah diberlakukan kebijakan demikian, Puskesmas Pondok Suguh, Penarik, Kota Mukomuko, Air Rami dan Lubuk Sanai.(900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*