Satu Moncong Babi Dihargai Rp 50 Ribu

Ir Trisman Msi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dinas pertanian Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya membantu petani di Bengkulu Selatan. Salah satu cara yang dilakukan dengan kembali membeli moncong babi hasil buruan petani.

“ Tahun ini satu moncong babi kami hargai Rp 50 ribu,” kata kepala Dinas pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip SP MSi melalui kabid Tanaman Pangan, Trisman Msi.

Trisman mengatakan, pembelian moncong babi ini agar warga kembali menggalakan berburu babi, agar hama babi dapat dibasmi. Dengan adanya pembelian moncong babi ini, diharapkan ke depan hama babi semakin berkurang dan produksi tanaman petani semakin maksimal. “Anggaran pembelian moncong babi untuk 1.100 babi,” ujarnya.



Oleh karena itu, dengan adanya anggaran pembelian moncong babi ini, dirinya mengimbau warga yang tergabung dalam regu pemberantas hama babi (RPHB) di Bengkulu Selatan untuk kembali aktif berburu babi.Sehingga mulai februari ini, RPHB sudah bisa memburu babi di Bengkulu Selatan. Setelah itu, moncong babi diserahkan ke pihaknya untuk kemudian dibayar.

“ Silahkan RPHB mulai berburu babi, moncongnya serahkan ke kami dan akan kami bayar,” bebernya.

Adanya pembelian moncong babi ini, sambung Trisman sebagai upaya untuk memerangi hama babi di Bengkulu Selatan. Pasalnya musuh utama petani di Bengkulu Selatan saat ini yakni banyaknya hama babi. Sebab,hama babi ini selalu merusak tanaman petani.

Hingga akhirnya bisa menyebabkan produksi tanaman petani berkurang bahkan , jika tidak diantisipasi bisa gagal panen akibat serangan hama babi ini. “ Mudah-mudahan dengan adanya pembelian moncong babi ini, hama babi bisa berkurang dan tanaman petani bisa berproduksi maksimal,” harap Trisman. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*