Satu Jemaah Haji BU Meninggal

DUKA - Suasana duka meninggalnya salah satu jemaah haji asal Kabupaten Benteng, Basirun (51) di Makkah, Arab Saudi

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Salah seorang jemaah haji asal Kabupaten Bengkulu Utara meninggal dunia di tanah suci Makkah. Jemaah haji tersebut bernama Hj Saleha bin Jamaludin Coto, kelahiran 6 Desember 1937 berasal dari Desa Simpang Ketenong, Kerkap. Saleha meninggal pada 19 Agustus 2019 pukul 19.00 waktu setempat di Rumah Sakit Annuur, dan telah dimakamkan di pemakaman Syiraya Makkah.

Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mengatakan Saleha merupakan jemaah haji yang mendaftar ke kantor Kemenag Bengkulu Utara enam tahun lalu. Yaitu pada tanggal 6 Februari 2013.

“Ya salah seorang jemaah kita atas nama Saleha merupakan jemaah haji di kloter 11 Padang, meninggal dunia dan telah dimakamkan di pemakaman Syiraya Makkah,” kata Heriansyah.

Ia menjelaskan, almarhumah meninggal dikarenakan sakit dari awal masuk Makkah, susah makan dan susah minim, pada tanggal (9/8) oleh petugas TKHI kloter telah dirujuk ke KKHI. Setelah sebelumnya mendapat perawatan oleh petugas TKHI di hotel 402. Empat hari berikutnya pada (14/8) oleh KKHI Almarhumah dirujuk ke RS Annur Makkah. Kemudian pada 19 Agustus, pukul 17.40 waktu setempat, pihak maktab memberitahu kepada ketua kloter tentang wafatnya Almarhumah di RS Annuur.

Pada pukul 19.00 setelah menyelesaikan segala administrasi di KKHI, petugas kloter bersama utusan keluarga almarhumah dibawa oleh pihak maktab ke RS Annuur untuk melayat jenazah. Setelah petugas Kloter dan perwakilan keluarga diperkenankan melihat jenazah oleh petugas RS Annuur. Jenazah langsung dibawa ke Masjidil Haram untuk disalatkan, dan selanjutnya dimakamkan.



“Kita sudah disampaikan ke pihak keluarga almarhumah, mohon maaf ada keterlambatan informasi dari rumah sakit Arab Saudi ke petugas kita,” ujarnya.

Sementara itu, Penyelengara Haji dan Umroh Kemenag Bengkulu Utara, Hamidah Sri Rahmi mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut dan pihaknya sudah memberitahukan kepada pihak keluaraga almarhumah.
“Hari ini kami berencana akan berangkat ke rumah keluarga almarhumah untuk melakukan kunjungan. Sekaligus turut berduka cita atas meninggalnya almarhumah di tanah Suci,” singkatnya.(127)