Satu Desa Satu Guru Ngaji

Asisten 1 Bupati, Yunizar Hasan, SH, MP.
Asisten 1 Bupati, Yunizar Hasan, SH, MP.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka mendidik generasi muda Bengkulu Selatan menjadi generasi islami, Pemda Bengkulu Selatan membentuk guru ngaji setiap masjid.

“Tahun ini setiap masjid ada guru ngaji,” kata Asisten 1 Bupati, Yunizar Hasan, SH, MP.

Yunizar mengatakan, jika selama ini hanya dibentuk 1 guru ngaji setiap Kelurahan, juga mengandalkan guru ngaji yang rekrut Kemenag Bengkulu Selatan. Namun tahun ini Pemda Bengkulu Selatan merekrut guru ngaji setiap masjid. Kemudian gaji guru ngaji yang ada di kelurahan bersumber dari dana Kesra Pemda Bengkulu Selatan. Sedangkan guru ngaji di desa bersumber dari dana desa.

“Untuk guru ngaji ini akan diberikan insentif antara Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000 per bulan,” ujarnya.

Yunizar menjelaskan, adanya guru ngaji ini diharapkan ke depan tidak ada lagi generasi muda Bengkulu Selatan yang suka mabuk-mabukan hingga melakukan perbuatan kriminalitas. Hal itu juga mendukung keberadaan pengurus masjid. Sehingga diharapkan mampu mendukung program pemda Bengkulu Selatan yakni Magrib mengaji, subuh dan salat jum’at berjamaah. Dengan begitu diharapkan ke depan generasi muda Bengkulu Selatan semakin religius dan cerdas.

“Mudah-mudahan ke depan lahir generasi muda Bengkulu Selatan yang tangguh, jauh dari perbuatan tercela,” harap Yunizar. (369)