Satpol PP Usulkan Honor Linmas

Satpol-PP
Foto : Ist

CURUP, Bengkulu Ekspress- Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Rejang Lebong akan mengusulkan pengadaan honor Linmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Usulan tersebut akan mereka masukkan dalam APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong tahun 2018 ini.

“Dalam APBD Perubahan nanti, kita akan mengusulkan honor untuk Linmas,” sampai Kepala Satpol PP Rejang Lebong, Rachman Yuzir SE saat dikonfirmasi Senin (27/8) kemarin.

Dijelaskan Rachman, total anggaran yang mereka usulkan untuk honor Linmas tersebut sebesar Rp 34 Juta untuk honor selama 4 bulan. Hanya saja menurut Rachman, Linmas yang mereka ajukan untuk mendapatkan honor tersebut hanya Linmas yang ada di kelurahan.

“Linmas yang kita usulkan honornya tersebut, hanya Linmas kelurahan saja,” tambah Rachman.

Menurut Rachman, hanya Linmas dikelurahan saja yang mereka ajukan honornya, karena memang saat ini pihak Kelurahan tidak mendapat kucuran sebagai mana yang didapat oleh pihak desa. Karena diketahui saat ini seluruh desa di tanah air tak terkecuali di Rejang Lebong mendapat kucuran anggaran baik dalam bentuk dana desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD).

Sementara itu, untuk honor Linmas desa sendiri, menurut Rachman ia menyarankan untuk menggunakan atau mengambil dari ADD. Hanya saja ia mengaku, meskipun koordinasi Linmas ke Satpol PP Rejang Lebong, namun untuk honor Linmas desa yang disarankan dari ADD tersebut, bukan menjadi kewenangan pihaknya melainkan menjadi kewenangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.”Kalau yang Linmas Desa, mereka bisa menggunakan ADD, namun untuk prosesnya bukan di Satpol PP,” sampai Rachman.

Disisi lain, Rachman juga menjelaskan, terkait dengan honor Linmas ini sendiri, selalu mereka ajukan setiap tahun, bahkan jumlahnya selalu mereka naikkan dari anggaran sebelumnya. hanya saja karena terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sehingga usulan untuk honor Linmas yang setiap desa dan kelurahan ada 10 orang Linmas tersebut selalu dipangkas, bahkan menurutnya dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2018 ini tidak ada honor Linmas.”Tahun lalu di APBD murni ada honor Linmas, namun untuk tahun ini tidak ada dan baru kita usulkan di APBD Perubahan, hal tersebut karena memang anggaran kita yang minim,” demikian Rachman.(251)