Satgas Patroli Pastikan Prokes Diterapkan

 

Airullah/BE
PATROLI: Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kaur saat melakukan Patroli pengawasan penerapan Prokes di tempat-tempat kuliner kota Bintuhan, Jumat (24/7) malam.

BINTUHAN,BE – Memastikan masyarakat terutama pedagang kuliner mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Tim Gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Kaur, yang tergabung dari unsur TNI, Polri, BPBD dan dan Satpol PP melakukan patroli pengawasan, pedagang kuliner, cafe, serta tempat umum lainnya. Patroli untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Patroli gabungan ini kita lakukan bersama TNI, BPBD dan Satpol PP untuk memastikan masyarakat, terutama pedagang kuliner sudah menerapkan Prokes apa belum. Ini demi kesehatan kita semua,” kata Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH usai melakukan Patroli penerapan Prokes, Jumat ((23/7) malam.

Dalam giat patroli yang dimulai sekitar pukul 21.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Tim Satgas memberikan imbauan terkait Peraturan Bupati Kaur No. 68 Tahun 2020, secara humanis kepada masyarakat yang tidak mengikuti protokol kesehatan, seperti pemakaian masker. Juga mensosialisasikan Perbup No 68 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Dalam patroli di sekitar Kota Bintuhan Kecamatan Kaur Selatan masih ada sebagian warga yang belum mematuhi prokes dan mereka diberikan teguran dan diminta untuk memakai masker. Namun, kedepan tim Satgas Covid-19 memberikan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.

“Melalui giat patroli ini kita berharap agar masyarakat semakin sadar dan tetap disiplin mematuhi Prokes ditengah pandemi ini, dengan tetap menerapkan 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kaur Ujang Syafiri SPd juga menyampaikan, Patroli ini dilakukan guna memastikan warga Kaur, untuk semakin sadar Prokes. Juga dengan Surat Edaran (SE) Bupati dan Gubernur tentang PPKM skala mikro ini diharapkan mampu meningkatkan hasil pengendalian penanganan Covid-19. Hal lain diharapkan meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Patroli dan razia yustisi ditengah wabah Covid-19 ini kita gencar lakukan. Kita meminta kepada masyarakat agar ikut mendukung langkah yang diambil oleh pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kaur ini agar pandemi ini segera berakhir,” harapnya.

Dalam giat patroli yang dipimpin langsung Kapolres dan diikuti Kasatpol PP, Kepala BPBD, Kastel dan anggota Satgas Covid-19 itu. Selain melakukan patroli pengawasan Prokes, Tim Satgas juga memberikan bantuan sosial sebanyak 10 karung beras dengan berat 10 Kg kepada para pelaku usaha di Kota Bintuhan.(618)

 







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*