Satgas Nusantara Pantau Setiap Medsos

Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno SSos MH bersama tim Cyber Troops saat melakukan pemeriksaan terhadap akun-akun dimedsos yang berbau sara, hoax dan ujaran kebencian.
Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno SSos MH bersama tim Cyber Troops saat melakukan pemeriksaan terhadap akun-akun dimedsos yang berbau sara, hoax dan ujaran kebencian.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sekarang ini tim Cyber Troops Polda Bengkulu, sudah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Nusantara. Satgas ini bertugas memantau setiap akun baik media sosial (medsos) apapun yang menyebar berita hoax, sara maupun ujaran kebencian. Terutama berita yang muncul ditahun politik sekarang ini (pemilihan walikota dan wakil walikota). Bagi pasangan calon (paslon) yang melakukan tindakan menyebarkan berita hoax untuk menjatuhkan pasangan lainnya segera ditindaklanjuti.

“Tim bekerja semaksimal mungkin dan fokus memantau akun yang tersebar dimedsos nantinya terutama akun milik paslon maupun tim suksesnya agar tidak melakukan hal yang dilarang Undang-undang,” terang Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno SSos MH kemarin (16/1).

Selain itu, Sudarno juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mendukung salah satu paslon untuk mengikuti rambu-rambu yang ada. Terutama bagi para tim sukses agar tidak ada persaingan yang tidak sehat nantinya.

“Ini juga sudah ditegaskan Kapolda Bengkulu, jadikanlah tahun politik sekarang ini sebagai tahun politik yang bersih dan sportif agar nantinya pemimpin yang terpilih bisa membangun Kota Bengkulu lebih baik lagi,” tuturnya.

Kabid juga mengatakan, sekarang ini anggotanya Cyber Troops setiap detik dan setiap hari selalu menelusuri akun-akun yang berbau negatif atau mengandung ujaran kebencian. Hal ini dilakukan agar tidak ada kegaduhan dimasyarakat nantinya.

“Mulai dari sekarang ini sudah kita lakukan pengawasan sehingga tidak ada lagi yang bisa saling menjelekan atau menjatuhkan terutama di medsos ataupun akun-akun lainnya,” bebernya.

Kemudian, ditambahkannya, ia juga mengatakan untuk media online yang memberitakan pemberitaan apapun itu juga akan selalu dipantau oleh pihaknya, namun hingga sekarang ini belum ada pemberitaan di media online yang keluar dari jalur.

“Semua akan kita selesaikan melalui jalur preprentif terlebih dahulu, tetapi jika sudah masuk kerana pidana, kita akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Dewan Pers pastinya dan dalam kesempatan ini saya menghimbau jadilah warga Bengkulu yang sportif dan saling mendukung satu dengan yang lainnya,” tutupnya. (529)