Satgas Covid-19 Kota Bengkulu Dibentuk, Satpol PP Dibackup TNI-Polri Segera Tertibkan Kerumunan Massa

FOTI IMAN/ BE – Rapat Satgas Covid Kota Bengkulu dihadiri Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi bersama Forkompimda kota, Selasa (15/09)

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menindaklanjuti Perpres nomor 82 tahun 2020 tentang penanganan Covid-19, Walikota Bengkulu Helmi Hasan sudah mengeluarkan SK nomor 138 tahun 2020 terkait pembentukan satgas. Selasa (15/9) seluruh anggota satgas covid kota mengikuti rakor bersama Forkopimda di kantor walikota.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, setelah rakor ini tim satgas yang terdiri dari pemerintah, TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat segera beraksi ke lapangan melakukan sosialisasi terkait perwal nomor 29 tentang penegakan hukum dan protokol kesehatan yang bertujuan menekan angka kasus positif Covid-19 di Kota Bengkulu.

“Antara gugus tugas dengan satgas itu maksudnya sama. Cuma keterlibatannya berbeda. Kalau satgas ini melibatkan seluruh stakeholder yang ada, mulai dari tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dengan harapkan dapat dengan mudah komunikasi ke masyarakat untuk sadar dan mau menegakkan protokol Covid-19,” jelas Helmi.

Untuk satgas yang bertugas bidang kedisiplinan, kata Helmi yakni Satpol PP akan dibackup oleh TNI dan Polri. Bidang ini bertugas untuk melakukan penertiban di tempat-tempat kerumunan seperti pasar, mall dan lainnya agar laju penyebaran Covid-19 ini bisa di minimalisir.

Sementara pada kesempatan yang sama, Dandim 0407/Bengkulu Kolonel Inf Uchi Chambayong memaparkan bahwa pihaknya (TNI) bersama Polres Bengkulu sudah dan masih melakukan imbauan-imbauan kepada masyarakat, baik itu langsung turun ke lapangan maupun melalui media elektronik.

“Termasuk sosialisasi-sosialisasi di pasar-pasar, rumah ibadah, penyemprotan disinfektan dilakukan secara serentak dengan pemkot, TNI, Polri. Patroli gabungan juga sdh kita lajukan. Namun kenyataannya perkembangan Covid-19 masih terus meningkat. Salah satu faktor masih kurangnya kesadaran masyarakat memakai masker,” kata Uchi.

Ia juga berpesan kepada pihak yang sudah tergabung dalam tim satgas agar dapat melaksanakan tugas masing-masing sesuai SK. Diharapkan pembentukan satgas ini dapat memberi dampak baik untuk menekan bahkan menghilangkan wabah covid-19 di Bengkulu. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*