Satgas Covid-19 Diminta Tingkatkan Kinerja

RAKOR: Sekda Kaur H Nandar Munadi saat memimpin Rakor bersama Satgas Covid-19 terkait penanganan Prokes dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di ruang Sekda Kaur, Jum’at (11/6).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kaur diharapkan agar lebih meningkatkan kinerja dalam menanggulangi pandemi virus korona atau Covid-19. Hal ini disampaikan Sekretariat Daerah (Sekda) Kaur, H Nandar Munadi SSos MSi, saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Satgas Covid-19 terkait penanganan Prokes dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di ruang Sekda Kaur, Jum’at (11/6).

“Saya minta Satgas Covid-19 agar meningkatkan kinerja dan dapat memahami Tupoksi masing-masing, karena saat ini belum maksimal dalam menjalankan tugas, dan baru saat ini yang berperan aktif hanya TNI-Polri,” kata Sekda saat memimpin Rakor, Jum’at (11/6).

Dikatakan Sekda, ia selalu mengajak elemen Satgas Covid-19 untuk menyempurnakan berbagai langkah dan upaya penanganan Covid-19 yang telah dilakukan selama ini. Ia meminta jajaran Satgas untuk menguatkan semangat dan tekad bersama dalam peningkatan penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kaur ini. Juga meminta semua masyarakat Kaur agar benar-benar bisa menjaga protokol kesehatan (Prokes), memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan mengurangi kerumunan.

”Kita sempurnakan lagi apa yang telah dilakukan selama ini dalam penanganan Covid019. Saya harap rekan-rekan yang tergabung dalam Satgas ini agar meningkatkan kerja agar bersama untuk memutus rantai penularan dan penyebaran Covid-19,” terangnya.

Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono S IK melalui Kasat Intel IPTU Thomson Sembiring SH yang ikut dalam Rakor itu juga menyampaikan, kondisi Covid 19 di Kaur saat ini yang positif Covid 19 di sebanyak 10 orang sehingga kondisi Kabupaten Kaur sangat rentan penyebaran virus covid 19. Untuk itu agar agar setiap kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dalam Satgas agar setiap OPD yang terlibat dapat berperan aktif.

“Banyaknya aktivitas masyarakat yang tidak mematuhi prokes seperti pesta resepsi, hal tersebut kurangnya pengawasan dari Satgas. Maka kami dari Polres agar Satgas lebih memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan pencegahan virus covid 19,” harapnya.

Ditambahkannya, terkait vaksin agar dinkes dapat berperan aktif memberikan edukasi dan mensosialisasikannya kepada masyarakat berikut rencana vaksinasi massal yang akan dilakukan oleh Diknas pada tanggal 15 Juni 2021 nanti serta adanya program Kapolri pelaksanaan vaksin serentak pada tanggal 30 juni 2021.

“Kita minta kepada Dinkes agar dapat memberikan penekanan pada puskesmas agar dapat optimal dalam pelaksanaan vaksin. Juga kepada Satpol PP dapat menegakkan aturan surat edaran dan Perbup yang ada karena pihak TNI-Polri hanya mendampingi kegiatan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur Azwar S Sos juga menyampaikan, dimana pelaksanaan Vaksin saat ini sasaran pelayanan publik, Nakes, Lansia, Masyarakat umum dan tenaga pendidik. Untuk Vaksinator sebanyak 136 orang dan lokasi vaksin sebanyak 17 lokasi yang terdiri dari 16 Puskesmas dan satu RSUD.

“Ini sesuai dengan instruksi percepatan vaksin dari Gubernur Bengkulu agar pelaksanaan vaksin serentak terhadap lansia, dan kita Kabupaten Kaur telah melaksanakan vaksin kepada lansia sejak bulan Mei lalu. Kita minta kepada masyarakat khususnya lansia agar tidak takut divaksin,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*