Sasar Bumdes Perluas Jaringan Rumah Pangan Kita

Foto Hendrik/ BE – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri saat memimpin rapat kordinasi Perluasan jaringan Rumah Pangan kita (RPK) dan Toko Pangan kita (TPK), Kamis (6/5).

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu yang bekerja sama dengan Perum Bulog Divisi Regional Bengkulu akan menyasar sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Provinsi Bengkulu untuk memperluas jaringan Rumah Pangan kita (RPK) dan Toko Pangan kita (TPK). Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri usai rapat kordinasi Perluasan jaringan Rumah Pangan kita (RPK) dan Toko Pangan kita (TPK), Kamis (6/5).

“Pertama program ini kan baik sekali, jadi di samping Bulog melaksanakan tugas dan fungsinya menjaga stabilitas, keterjangkauan pangan dan ketersediaan pangan juga ini untuk masyarakat Bengkulu,” kata Hamka, Kamis (6/5).

Hamka mengatakan, program ini sangat bermanfaat karena rumah pangan kita (RPK) ini dibentuk untuk men-support warung-warung yang ada. Jadi sudah sebanyak 2025 warung yang tersebar itu bekerja sama dengan pihak Bulog.

“Nah, sekarang ini akan dikembangkan dan akan dikerjasamakan dengan BUMDes. Tapi kita masih melihat kriteria BUMDes mana yang bisa di kerjasamakan,” ungkanya

Sebab, lanjut Hamka, walaupun harganya terjangkau dan murah, tetapi perlu biaya operasional, transportasi untuk angkutan. Meski itu menjadi tanggung jawab pihak Bulog tetapi harus sesuai dengan permintaan Bumdes itu.

Sementara itu, Kepala Divre Bulog Bengkulu
Roy Rahmadi Prawira resmi mengatakan, program RPK dan TPK yang akan dijajaki dengan Bumdes akan menjual komoditi- komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“RPK kita sekarang ini sudah sekitar 2025, sedangkan Bumdes itu ada 1100an,” ujarnya.

Tetapi sambung Roy, memang untuk tahap awal pihaknya akan membuat semacam pilot project yang nanti akan dipilih oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Provinsi Bengkulu, Bumdes-Bumdes yang kategori maju, sehingga Manajemennya memang sudah siap untuk melakukan kerja sama.

“Ya, kita berharap sudah ada titik terang untuk sebelum Lebaran sehingga setelah Lebar kita bisa segera melaksanakan implementasinya,” tutupnya. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*