Sarpras Konservasi Ikan Mikih Dibangun

Ikan Mikih Mukomuko
foto : IST

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, tengah merancang pembangunan dan penyiapan sarana serta prasarana (sarpras) konservasi ikan mikih yang tergolong langka.

“Tengah kita rancang, untuk alokasi anggarannya diusulkan di APBD Perubahan 2019 mendatang,” kata Kepala DKP Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto.

Tujuan dibangunnya fasilitas konservasi itu supaya ikan langka yang hidup dalam aliran beberapa sungai tetap lestari.  “Jika sarpras tidak cepat dibangun penunjang konservasi, kami khawatir ikan mikih akan punah dan susah ditemukan,”ujarnya.

Sebelum sarpras penunjang konservasi ikan mikih dibangun, pihaknya bersama tim dari DKP terus menggalakkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya yang berada di sepanjang aliran sungai dalam wilayah ini.

Selain itu, kata Eddy, sosialisasi ini juga menyarakat kepada masyarakat nelayan. Karena ikan mikih ini tidak hanya diburu oleh masyarakat biasa, tetapi nelayan juga ikut memburu ikan komersil yang sangat langka ini.



“Sosialisasi terus kita lakukan.Selanjutnya akan dibentuk kelompok pengembangan budidaya ikan mikih,”bebernya.

Seluruh kelompok itu nantinya, lanjut Eddy,memiliki tugas dan tanggungjawab untuk melindungi dan menjaga kelestarian ikan mikih yang berada dalam wilayah konservasi dibeberapa aliran sungai. “Tugas kelompok nantinya, selain belajar budidaya ikan mikih, juga menjaga kelestarian keberadaan ikan langka tersebut,” lanjut Eddy.(900)