Pilkada Mukomuko, Sapuan – Wasri Sementara Ungguli Incumbent

MUKOMUKO, BE – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mukomuko, antara Pasangan calon (Paslon) 01, Choirul Huda – Rahmadi dan Paslon 02, Sapuan- Wasri.
Untuk data sementara, Sapuan – Wasri mengungguli incumbent. Data terhimpun dari 15 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Mukomuko. Dari belasan kecamatan itu, Paslon Sapuan – Wasri memperoleh suara sekitar 21.337 dan Paslon Choirul Huda sebanyak 12.599 suara atau selisih unggul Sapuan – Wasri sekitar 8.738 suara (data sementara 28,57 persen), sore kemarin.
Kendati demikian, hasil tersebut masih bersifat sementara, dan hasil resmi setelah dilakukan pleno oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sementara itu, untuk calon bupati, berhasil menjadi pemenang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat mereka mencoblos.
Paslon Bupati 01, H Choirul Huda SH mencoblos di TPS 2 Desa Kota Praja Kecamatan Air Manjuto. Suara perolehannya unggul dibandingkan perolehan suara Paslon 02. Sedangkan Paslon Bupati 02, H. Sapuan, tidak dapat mencoblos karena KTP nya Jakarta.
Namun TPS terdekat di kediamannya di Desa Pernyah Kecamatan Teramang Jaya, perolehan suara Sapuan berhasil unggul. Sedangkan untuk Paslon Wakil Bupati 01, Rahmadi AB, harus mengakui keunggulan lawan di TPS tempat ia mencoblos.
Rahmadi bersama sang istri, menyalurkan hak suaranya di TPS 2 Desa Sibak Kecamatan Ipuh. Di TPS ini, Paslon 01 hanya meraih 96 suara. Sedangkan Paslon 02, berhasil mendapatkan suara hingga 142 suara. Sementara itu, Paslon Wakil Bupati 02, Wasri, menggunakan hak suaranya di TPS 2 Desa Sumber Mulya Kecamatan Penarik.
Di TPS ini, Wasri berhasil menunjukkan banyaknya dukungan masyarakat. Dengan meraih 335 suara, sedangkan Paslon Bupati 01 hanya mendapatkan 2 suara. Paslon Bupati 01, H. Choirul Huda, SH menggunakan hak suaranya bersama sang istri, Ny. Hj. Nana Choirul Huda.
Dikatakan Huda, Pilkada merupakan sebuah sistem kedewasaan demokrasi yang perlu dihargai dengan baik. Dengan semakin dewasanya masyarakat berdemokrasi, momen Pilkada tidak menimbulkan perpecahan.
“Tetap menjaga persatuan dan kesatuan, dalam memajukan Kabupaten Mukomuko,” kata Huda, usai menggunakan hak pilihnya.
Mengenai menang kalah, menurut Huda, hal biasa dalam Pilkada. Namun ia yakin, masih mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk melanjutkan pembangunan yang sudah ia laksanakan selama ini.
“Menang dan kalahnya sebuah pertarungan demokrasi, itu suatu hal yang biasa. Namun saya yakin, kami bisa menang untuk Pilkada tahun 2020 ini. Guna melanjutkan pembangunan yang belum tuntas,” kata Huda.
Sedangkan Paslon Bupati 02, H. Sapuan, hanya mengunjungi sejumlah TPS di Desa Pernyah Kecamatan Teramang Jaya. Ia dan istri tidak bisa mencoblos di Pilkada Mukomuko, terkait soal domisili tempat tinggal. Namun sampai pukul 18.00 WIB, di Kecamatan Teramang Jaya, Sapuan meraih 2.530 suara.
Sementara Huda, meraih 410 suara. Sedangkan Calon Wakil Bupatinya, Wasri, mencoblos bersama sang suami dan anak-anaknya di TPS 2 Desa tempat ia berdomisili. “Kewajiban sebagai warga Negara yang mempunyai hak pilih pada Pilkada, 9 Desember 2020 sudah kita lakukan dengan baik,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*