Sapi Warga Disembelih Pencuri

SUKARAJA, BE – Pelaku pencurian hewan ternak (curnak) beraksi lagi di Seluma. Setelah beberapa hari lalu beraksi di Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Semidang Alas (SA), dinihari kemarin beraksi di RT 3 Kelurahan Babatan. Kali ini pemilik ternak sapi, Endang (38), menjadi sasaran.
Seekor sapi betina dewasa miliknya ditemukan dalam keadaan telah disembelih oleh pelaku curnak. Tapi daging sapi tersebut belum sempat dibawa oleh pelaku.

Diduga pelaku tak sempat membawa kabur daging itu karena keburu pagi. Aksi tersebut diduga dilancarkan pelaku antara pukul 03.00 WIB sampai pukul 05.30 WIB dengan jumlah pelaku sekitar 3 orang dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Penemuan sapi yang sudah disembelih itu pertama kali dilihat oleh Endang sendiri. Ketika pagi kemarin sekitar pukul 08.00 WIB, korban tengah berjalan pulang dari menyadap karet di kebun di belakang rumahnya. Lokasi penemuan sapi berada di kebun sawit yang berjarak sekitar 100 meter dari rumah korban. Tak hanya itu, 2 ekor sapi kecil lainnya milik korban ditemukan juga tak jauh dari TKP penyembelihan sapi betina tersebut, tapi masih dalam keadaan hidup.

Sementara itu, aksi pelaku curnak tersebut dipastikan menangkap sapi berada di lahan kebun di belakang rumah korban. Karena sapi-sapi milik korban memang tidak dibuatkan kandang khusus, melainkan hanya ditempatkan di lahan itu dengan ditambang.

Pelaku menyeret sapi menjauhi rumah korban, lalu menyembelihnya untuk dibawa dagingnya. Tapi aksi pelaku pada malam hari itu diperkirakan tak sempat melarikan hasil curian, karena takut ketahuan karena keburu siang. ”Sapi kami disembelih orang. Pelakunya pasti pencuri, cuma belum sempat membawanya,” tutur Endang.

Terpisah, Kapolres Seluma AKBP PL Gaol SIK melalui Kapolsek Sukaraja Iptu Satria Dwi Darma ketika dikonfrimasi, mengaku hingga kemarin pihaknya belum mendapat laporan soal kasus curnak tersebut. ”Kita belum mendapat laporannya,” katanya. (444)