Sapi Terjangkit Penyakit Hepatitis

 

 

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Petugas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, menemukan satu ekor ternak sapi milik warga Kecamatan Panarik positif menghidap penyakit hepatitis yang biasa disebut infectus necrotic hepatitis atau bacillary haemoglobinuria. Penyakit tersebut disebabkan toksin Cl Novyi yang terisolir di dalam hati.

“Penyakit ini bisa menyerang dan terjadi pada sapi, domba, kambing, kerbau, babi, kuda dan manusia. Ini ditemukan ketika petugas melakukan pengecekan pada hewan kurban beberapa hari lalu, ada satu ekor sapi kurban yang diketahui menghidap hepatitis,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Kabupaten Mukomuko, Warsiman SPt dikonfirmasi BE, kemarin (13/8).

Pasca ditemukannya ternak sapi menghidap penyakit hepatitis, pihaknya langsung mengingatkan kepada panitia kurban supaya tidak membagikan hati sapi kepada masyarakat untuk dikonsumsi. Sedangkan daging sapinya bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kalau dagingnya aman dikonsumsi.Yang tidak boleh itu hanya hatinya saja,” ujarnya.

Meskipun penyakit tersebut tidak tergolong menular, masyarakat khususnya peternak dapat lebih waspada lagi. Terjadinya penyakit ini, biasanya berhubungan dengan adanya kerusakan hati yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Antara lain cacing hati, bahan kimia atau obat-obatan dan tanaman beracun.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*