Santunan Kecelakaan PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu Turun Hingga 30 Persen

Ani/BE
PEDULI: Kepala PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu Abdul Haris saat menyerahkan bantuan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19

BENGKULU, BE – Sebagai perusahaan yang memegang amanah untuk melaksanakan Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum (DPWKPU) dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (DKLLJ), sepanjang tahun 2020 PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu telah menyalurkan dana santunan bagi korban dan ahli waris korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi di seluruh wilayah provinsi Bengkulu. Selama tahun 2020, penyerahan santunan korban kecelakaan lalu lintas oleh PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu mengalami penurunan yakni turun hingga 30% jika dibandingkan dengan tahun 2019.
“Untuk tahun 2020 tingkat kecelakaan lalu lintas menurun karena pandemi Covid-19 yang mengharuskan berkurangnya mobilitas masyarakat, sehingga arus lalu lintas di wilayah Provinsi Bengkulu yang masuk maupun keluar sangat berkurang, terlebih dikarenakan adanya PSBB di berapa daerah seperti DKI Jakarta, Sumatera Barat dan sebagainya, ” kata Kepala PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu, Abdul Haris, SE didampingi oleh Kepala Unit Operasional dan Humas.
Dia mengatakan, hanya dalam kurun waktu 1 hari 14 jam, ahli waris korban kecelakaan yang meninggal dunia telah menerima santunan dari PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu. “Percepatan ini lebih baik dari tahun 2019, dimana rata-rata penyerahan santunan selama 1 hari 18 jam,” katanya.
Abdul Haris menerangkan bahwa, PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu telah melakukan kerjasama dengan seluruh rumah sakit dan klinik yang ada di Provinsi Bengkulu.
“Sementara untuk penggantian biaya perawatan untuk korban luka-luka mayoritas dirawat di seluruh RS se-Provinsi Bengkulu yang sudah bekerjasama dengan Jasa Raharja” ujarnya.
Di sisi lain, bentuk kehadiran PT Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu pada tahun 2020 juga telah melaksanakan berbagai program Bina Lingkungan. “Sejak awal masa darurat pandemi Covid-19, PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu bersinergi dengan Satgas BUMN Provinsi Bengkulu memberikan bantuan berupa APD yang diserahkan langsung kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu,” katanya.
Selain itu ikut melaksanakan rapid test gratis bagi masyarakat dan pengguna jasa otobus guna memutus rantai penyebaran Covid, bantuan berupa sembako, kegiatan donor darah dan bantuan sarana ibadah. Bahkan di akhir tahun 2020, PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu melaksanakan penanaman pohon di Bengkulu Tengah bersama dengan Bupati dan stakeholder terkait.
Abdul Haris menyampaikan bahwa Jasa Raharja turut berupaya menekan tingkat fatalitas korban laka lantas, terutama jumlah korban meninggal dunia. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat Bengkulu tetap tertib dan santun saat berkendara, mematuhi rambu lalu lintas agar jumlah korban lakalantas dapat ditekan dan tetap taat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. (Cik8/Humas Jr).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*