Sanggar Gagal Tampil di TMII

sanggar seni ilustri net
foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Akibat masih dalam suasana Pemilu serentak 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang membatalkan penampilan sanggar Kepahiang tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) pada tanggal 20 April 2019 mendatang.

Plt Kadis Dikbud Kepahiang, Dr Hartono MPd melalui Kabid Pendidikan dan Kebudayaan, Edy Subagya mengatakan, Kepahiang mendapatkan undangan untuk menampilkan kesenian sanggar diacara tersebut. Lantaran pertimbangan kondisi dan situasi undangan tersebut masih dalam suasana Pemilihan Umum (Pemilu) serentak jadi, undangan tersebut dibatalkan.



“Undangan dari TMII Jakarta memang ada. Untuk tampil pada tanggal 20 April mendatang, karena situasi Pemilu maka kami sepakat untuk menunda dulu keberangkatannya,” ungkapnya.

Rencana awal Dikbud akan memberangkatkan satu sanggar seni tari perwakilan dari Pemkab Kepahiang. Setelah menggelar rapat, pihaknya menunda keberangkatan. “Rencana awal satu sanggar seni untuk menampilkan kesenian daerah Kepahiang. Kita akan menyampaikan surat ke Dinas Pendidikan Provinsi untuk pembatalan pemberangkatan ini,” sebutnya.

Tahun lalu Dikbud Kepahiang pernah mengirim satu sanggar tari kesenian untuk tampil di TMII Jakarta. “Acara ini acara rutin yang dilakukan TMII. Tahun dulu kita pernah mengirim kesenian dol, undangan ini ditujukan salah satu kabupaten yang dinilai berprestasi dalam kesenian,”demikian Edy Subagya. (320)